Home » News » Hukum & Kriminal » Mapahena: “PHK Perikanan Bitung Bertentangan Dengan Inpres!!”
Rental Mobil Murah di Manado

Mapahena: “PHK Perikanan Bitung Bertentangan Dengan Inpres!!”

IMG-20170127-WA0050
Praktisi Hukum Kota Bitung Ridwan Mapahena, SH, MH

BITUNG – Meningkatnya angka pengangguran karena Pemutusan Hubungan Kerja oleh sejumlah perusahaan Perikanan di Kota Bitung, bisa menimbulkan multi efek dalam kehidupan sosial masyarakat, termasuk meningkatnya angka kriminalitas.

Hal ini ditegaskan oleh Praktisi Hukum Kota Bitung Ridwan Mapahena, SH, MH, Jumat (27/1).    “Keputusan Pemerintah Pusat terkait dengan kebijakan Menteri Perikanan mengakibatkan terjadinya PHK terhadap ribuan karyawan di Kota Bitung, dimana 6 dari 12 Unit Pengelolan Ikan (UPI) terbesar di Indonesia ada disini,” tegas Mapahena.

Ia melanjutkan, satu UPI mempekerjakan ribuan karyawan. Jika sudah tidak ada produksi, maka yang akan terjadi karyawan dirumahkan bahkan di-PHK. Karyawan pada akhirnya menjadi korban kebijakan.

“Bayangkan jika ada ribuan karyawan di Kota Bitung harus menerima konsekuensi kebijakan pemerintah di-PHK, ini akan berakibat multi efek dalam kehidupan sosial masyarakat, angka kriminal pasti akan meningkat karena desakan tuntutan kebutuhan ekonomi dalam semua aspek kehidupan,” ujarnya.

Ditambahkannya, Bitung yang dikenal sebagai Kota Cakalang, dimana dunia perikanan menjadi salah satu sektor unggulan penunjang ekonomi, akan berdampak juga pada PAD.

“Bagaimana dengan percepatan pembangunan disemua sektor seperti diinstruksikan oleh Presiden termasuk dunia perikanan, jika UPI tutup karena tidak ada produksi..? Hal ini jelas sangat bertentangan,” katanya.

“Pada akhirnya ini menjadi masalah kompleks bagi daerah yang kena imbas kebijakan Menteri Perikanan. PHK ribuan karyawan yang sementara bergulir saat ini harus disikapi dengan bijaksana oleh Pemerintah Kota Bitung sebagai langkah antisipasi untuk menghindari gejolak sosial di masyarakat,” pungkasnya. (JO)

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Mantan Kadis Pertambangan Tomohon Dieksekusi Kajari

TOMOHON –  Jerry Patilima Serahkan Diri.   Terpidana perkara tindak pidana korupsi Ijin Usaha Pertambangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: