Home » Events » Manado Pearl Marching Band Competition 2013 Digelar 8-9 November
Rental Mobil Murah di Manado

Manado Pearl Marching Band Competition 2013 Digelar 8-9 November

LOGO MARCHING BAND3 ok Manado Pearl Marching Band Competition 2013 Digelar 8 9 NovemberKejuaraan terbuka bertajuk Manado Pearl Marching Band Competition 2013 bakal berlangsung heboh. Event tahunan yang akan digelar pada 8-9 November 2013 ini akan diikuti unit-unit baik dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Perguruan Tinggi maupun umum. Kejuaraan yang diselenggarakan PT. Citra Intirama Jakarta, Septim Music Manado dan event organizer Manado Multi Kreasi ini merupakan lanjutan event-event sebelumnya yang bertajuk Izusu Drum Competition.

“Setelah sekian tahun Isuzu Drum Competition sukses diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara, pada saat ini kejuaraan ini akan naik satu level dengan mengusung Manado Pearl Marching Band Competition. Di kejuaraan ini tidak hanya menekankan pada segi kuantitas tapi segi kualitas dari unit-unit”,  ungkap pimpinan PT. Citra Intirama Frangky Boseke.

Menurutnya, Manado dan Sulawesi Utara merupakan salah satu barometer Drum Band dan Marching Band di Indonesia Timur. “Karena selain memiliki banyak unit, di daerah ini secara reguler digelar kejuaraan. Kami berharap lomba ini akan menjadi salah satu sarana pembinaan karakter generasi muda di bidang seni dan olahraga. Dan dapat menjadi olahraga prestasi”, jelas Frangki yang didampingi Ketua Panitia Pengarah Art Merung. 

Menurut Ketua Panitia Lexi Mantiri, sebelum pelaksanaan kejuaraan terbuka pada 8-9 November 2013 di GOR Arie Lasut, akan diawali dengan Coaching Clinic dan Technical Meeting yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 31 Agustus 2013. “Tempat pelaksanaannya di SMP Gonzaga pad apukul 13.00 Wita”, ungkap Lexi yang diiyakan Sekretaris Panitia Mycle Wala, Wakil Ketua Regi Kaunang dan Calvin Pahimaneng. Menariknya Chocing Clinic dan Technical Meeting akan dihadiri oleh Adi Yunimon Noer dan (Pearl Marching endorse Artist) dan Sehat Kurniawan (Marching Product Specialist).

Sedangkan di kejuaraan terbuka, jenis lomba yang akan unjuk aksi yakni marching mini, drum battle, kontes perkusi solo dan guard contest. Sedangkan untuk kejuaraan umum, kategori yang dilombakan yakni junior drum band, drum band dan marching band. 

Bagi unit-unit yang akan mendaftar dapat menghubungi dapat menghubungi Sekretariat Panitia Septim Music Manado, Jalan Wolter Monginsidi, Bahu dengan nomor telepon 0431-851678. Atau dapat menghubungi contact person Lexi Mantiri (08124498960), Art Merung (08124435692), Regi Kaunang (082195136665), Mycle Wala (08124412634), Sophy Soegihartono (0811430202) dan Calvin Pahimaneng (089698145558).  (lex)

PETUNJUK PELAKSANA

LOMBA MARCHING MINI, DRUM BATTLE, GUARD CONTEST, SOLO PERKUSI DAN SOLO HORN

A.    UMUM

1.      WAKTU DAN TEMPAT

Hari/Tanggal         : 8-9 November 2013

Waktu                   : 08:00 Wita-sampai selesai

Tempat                  : GOR Arie Lasut Manado

2.      PESERTA DRUM BATTLE DAN GUARD CONTEST

a.       Semua unit Marching Band/Drum Band/Sekolah Musik Perkusi/perkumpulan yang berdomisili di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersedia mentaati peraturan dan ketentuan PEARL MANADO MARCHING BAND COMPETITION 2013

b.      Peserta tidak dibatasi dan tidak ada pengelompokan dari setip unitnya

3.      PENDAFTARAN

a.       Pendaftaran sampai dengan 1 November 2013 dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan membayar biasa pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah)

b.      Technical Meeting akan dilaksanakan pada rapat teknis pertama pada Sabtu, 31 Agustus 2013 di SMP Gonzaga Tomohon

4.      PENGUNDURAN DIRI

Pengunduran diri sah bila peserta atau unit Marching Band/Drum Band yang mendaftar melaporkan secara tertulis ke panitia penyelenggara dengan ditandatangani oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab dan uang pendaftaran tidak ditarik kembali

5.      PEMENANG

a.       DRUM BATTLE

·         Juara 1 : Uang tunai Rp.1.000.000,- +Trophy+Piagam Penghargaan

·         Juara 2 : Uang tunai Rp.   750.000,- +Trophy+Piagam Penghargaan

b.      GUARD CONTEST

·         Juara 1: Uang tunai Rp.1.000.000,- +Trophy+Piagam Penghargaan

·         Juara 2: Uang tunai Rp.   750.000,-+Trophy+Piagam Penghargaan

c.       MARCHING MINI

·         Juara 1: Uang tunai Rp. 1.000.000,-+Trophy+Piagam Penghargaan

·         Juara 2: Uang tuani Rp.   750.000,-+Trophy+Piagam Penghargaan

d.      PERCUSION CONTEST

·         Juara 1: Uang tunai Rp.   750.000,-+Trophy+Piagam Penghargaan

·         Juara 2: Uang tunai Rp.   500.000,-+Trophy+Piagam Penghargaan

e.       SOLO HORN

·         Juara 1: Uang tunai Rp.  750.000,-+Trophy+Piagam Penghargaan

·         Juara 2: Uang tunai Rp.  500.000,-+Trophy+Piagam Penghargaan

6.      DEWAN JURI

Dewan Juri berasal dari Manado dan Jakarta yang telah memiliki sertifikat juri nasional maupun internasional.

7.      PROTES

Penilaian juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, kecuali untuk salah penjumlahan angka/nilai yang akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

Bilai peserta merasa dirugikan dapat mengajukan protes secara tertulis kepada Ketua Bidang Lomba yang ditandatangani oleh Team Manager serta membayar biasa proses sebesar Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) selambat-lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman hasil penilaian yang kemudian akan ditangani oleh Dewan Juri.

 

B.     DRUM BATTLE

1.      KOMPOSISI/KEKUATAN dan KOSTUM.

a.       Jumlah pemain keseluruhan 5 orang. (komposisi detailnya, 2 Snare,1 Bass Drum,1 trio/quarto/quint tom,1 cymbal).

b.      Harus mengenakan kostum yang sesuai (tidak mesti kostum Display)

2.      PERALATAN

a.       Equipment wajib: Marching percussion, peserta tidak diperbolehkan memakai alat perkusi statis.

b.      Peserta diperbolehkan membawa accessoris tambahan diluar dari equipment wajib.

c.       Selama penampilan, pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih / officialnya.

3.      TEKNIS

a.       Setiap dua (2) unit peserta sesuai dengan nomor urutannya akan melakukan pertarungan perkusi didalam arena yang telah ditentukan oleh panitia dengan ketentuan sebagai berikut :

·         Peserta Pertama dengan urutan penampilan pertama memasuki arena lomba ( March In ) sesuai dengan pintu masuk yang telah ditentukan oleh panitia. Selanjutnya peserta kedua dengan nomor urut penampilan pertama memasuki arena lomba dengan pintu yang berbeda yang telah ditentukan panitia, menuju posisi masing – masing. (Cara & posisi march in diberikan kebebasan kepada masing – masing unit peserta ).

·         Peserta pertama akan mendapat giliran pertama (pesempatan pertama) untuk melakukan aksi unjuk gelarnya dengan waktu maksimal 1,5 menit ( 90 detik ) diakhiri dengan memberikan tanda kepada unit lawan bahwa aksinya telah selesai.

·         Setelah unit pertama memberikan tanda maka unit kedua ( lawan ) diperbolehkan untuk melakukan unjuk gelarnya dengan waktu yang sama dengan point 2 diatas.

·         Setelah Unit kedua ( lawan ) selesai maka unit pertama kembali bermain untuk kesempatan yang kedua dengan waktu yang sama.

·         Selanjutnya unit kedua ( lawan ) untuk melakukan aksi unjuk gelarnya untuk kesempatan kedua dengan cara yang sama & waktu yang sama yaitu 1,5 menit ( 90 detik ).

·         Setelah masing – masing unit menunjukkan aksinya dengan 2 kali kesempatan maka dewan juri akan memberikan penilaian secara langsung untuk menentukan pemenangnya. (masing – masing dewan juri akan memberikan penilaian secara lisan kepada kedua unit tersebut).

b.      Masing – masing peserta diberikan kesempatan untuk menampilkan suatu repertoire selama 3 menit untuk 2 kali aksi secara bergantian dengan tim lawan, untuk setiap kesempatan bermain durasi maksimal 1,5 menit ( 90 detik ) untuk masing-masing tim.

c.       Penampilan masing – masing peserta saling berhadapan (tidak menghadap ke Tribun Utama / VIP).

d.      Materi / Reportoire yang dibawakan oleh peserta bebas, namun tetap mengacu kepada waktu yang telah ditetapkan.

e.       Pada awal dan akhir penampilan, seluruh peserta wajib memberi hormat kearah tribune kehormatan yang dipimpin oleh Leader.(Cara melakukan penghormatan bebas)

f.       Perhitungan waktu dimulai pada saat musik dimainkan.

g.      Peserta dilarang memasang sesuatu yang bersifat permanent diarena lomba.

h.      Peserta tidak boleh melebihi batas arena yang telah ditentukan oleh panitia pada saat melakukan aksinya.

i.        Pelanggaran atas ketentuan diatas akan dikenakan sanksi diskualifikasi.

4.      PELAKSANAAN TEKNIS PENAMPILAN

a.       15 (lima belas) menit sebelum giliran penampilannya, peserta secara lengkap harus sudah siap ditempat yang telah ditentukan (pintu masuk arena lomba), pada saat itu pula akan dilakukan pemeriksaan oleh seksi Roll Call.

b.      Selama waktu menunggu giliran penampilannya, peserta dapat memanfaatkan waktunya untuk pemanasan diluar arena pertandingan, sepanjang tidak mengganggu pelaksanaan serta jalannya lomba.

c.       Bila sudah tiba saatnya untuk tampil, seorang petugas akan memberikan isyarat kepada peserta untuk memasuki arena lomba.

d.      Pada akhir penampilannya, leader dan team wajib memberi hormat kepada Tribune Utama (VVIP Box).

5.      PENILAIAN

Sistem penilaian untuk mata lomba Drum Battle dilakukan sistem penilaian langsung (sstem gugur) dengan cara juri akan mengangkat/menunjuk tim/unit tersebut setelah juri memberikan penilaian secara lisan. Unsur-unsur yang dinilai serta nilai-nilai yang dapat diraih adalah sebagai berikut:

a.       Musical Ensemble :

·         Vocabulary

·         Excellent

b.      Visual :

·         Vocabulary

·         Excellent

c.       General Effect (GE) :

·         Repertoire

·         Performance

C.    GUARD CONTEST

1.      KOMPOSISI/KEKUATAN dan KOSTUM.

a.       Jumlah pemain keseluruhan 4 (empat) orang. Dapat berupa pasangan (2 pasang pria dan wanita), atau bukan pasangan.

b.      Kostum disesuaikan dengan tema penampilan, atau sesuai dengan kemampuan peserta.

c.       Corak dan warna colour guard tidak dibenarkan menggunakan sama dengan atau menyerupai bendera negara tertentu.

2.      PERALATAN

a.       Equitment wajib : Bendera. – Tidak wajib : Riffle, Sabre, dll.

b.      Corak dan warna bendera colour guard tidak dibenarkan sama dengan atau meyerupai bendera kebangsaan suatu negara.

c.       Peserta diperbolehkan membawa property tambahan diluar dari equipment wajib dan tidak wajib diatas (Screen Background, Moving Wall, Gapura, dan sebagainya).

d.      Tidak diperbolehkan memasang property atau accessories yang bersifat permanent di arena / dalam gedung dan yang dapat membahayakan seperti petasan, api / bakaran menyan,sampah kertas,benda – benda tajam dan peralatan yang menggunakan arus DC atau accu.

3.      TEKNIS

a.       Penampilan menghadap ke Tribune kehormatan.

b.      Repertoire yang dibawakan oleh peserta bebas, namun tetap mengacu kepada waktu yang telah ditetapkan.

c.       Pada awal dan akhir penampilan, seluruh peerta wajib memberi hormat kearah tribune kehormatan yang dipimpin oleh Leader.( Cara menghormat bebas ).

d.      Durasi penampilan minimal 5 (lima) menit dan maksimal 7 (tujuh) menit.

e.       Pada saat penampilan unitnya, diwajibkan setiap unit untuk mengirimkan 2 orang yang akan ditempatkan di sound engineer dan lighting engineer untuk memastikan show performance unitnya terhadap lagu dan lighting yang diinginkan.

f.       Perhitungan waktu dimulai pada saat music dimainkan, ditandai dengan dinyalakannyala lampu hijau diarena lomba.

g.      Setelah 5(lima) menit lampu hijau menyala, selanjutnya diganti dengan lampu kuning dan pada akhirnya di menit ke 7 (tujuh) dinyalakan lampu merah.

h.      Selama peserta tampil, tidak seorang official pun diperkenankan berada diatas arena lomba. Official meninggalkan arena lomba segera setelah meletakkan equipment dari unti yang bersangkutan.

4.      PELAKSANAAN TEKNIS PENAMPILAN

a.       Bila sudah tiba saatnya untuk tampil, seorang petugas akan memberikan isyarat kepada peserta untuk memasuki arena lomba, sedangkan cara memasuki arena lomba diserahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan dengan memperhatikan ketentuan tentang march in dan march off (masing – masing maksimal 1,5 menit), perhitungan waktu dimulai sejak pemain pertama menginjak lantai arena sampai dengan peserta siap pada posisi awal.

b.      Setelah melihat peserta dalam keadaan siap, announcer bertanya kepada Dewan Juri “ Para Dewan Juri, sudah siapkah anda ?”.

c.       Selanjutnya annoncer bertanya kepada Colour Guard : “ Kepada Tim Colour Guard….. Sudah siapkah tim anda ?”. Untuk menjawab pertanyaan ini seluruh pemain memberi hormat kearah tribune kehormatan dengan gaya tersendiri. Setelah memberi hormat announcer akan mengatakan : “ Silahkan Anda mulai”, dan peserta dapat memulainya.

d.      Peserta meninggalkan arena lomba (march out) dengan alokasi waktu 1,5 menit, perhitungan waktu march out dimulai dari gerakan pertama pad posisi akhir dilaksanakan sampai dengan pemain akhir keluar.

e.       Pada akhir penampilannya, leader dan team wajib memberi hormat kepada Tribune Utama (VVIP Box).

5.      DISKULIFIKASI & PINALTI

Diskulifikasi dan pinalti akan diberikan apabila terdapat pelanggaran atas ketentuan & peraturan lomba. Dan yang dikenakan diskulifikasi adalah untuk pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut :

a.       March In melebihi waktu yang diperbolehkan (1,5 menit), dihitung kelebihan waktunya untuk setiap kelipatan 10 (sepuluh) detik atau bagiannya dibulatkan keatas…………………….. 0,1

b.      March Off melebihi waktu yang diperbolehkan (1,5 menit), dihitung kelebihan waktunya untuk setiap kelipatan 10 (sepuluh) detik atau bagiannya dibulatkan keatas…………………….. 0,1

c.       Leader dan Team tidak memberi hormat di awal penampilannya ………. 0,1

d.      Leader dan Team tidak memberi hormat di akhir penampilannya ………. 0,1

e.       Pemasangan sesuatu yang bersifat permanen diantara waktu berlomba. 5,0

f.       Waktu penampilan yang lebih dari 7 (tujuh) menit, dihitung kelebihannya untuk  setiap kelipatan 10 (sepuluh) detik atau bagiannya dibulatkan diatas…  0,1

g.      Selain pemain berada diatas arena lomba pada saat team bermain……. 0,5

h.      Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan penalty setelah terdengar panggilan yang kedua, jarak antara panggilan pertama dan kedua adalah 90 (sembilan puluh) detik……………………………………… 0,5

i.        Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan penalty setelah terdengar panggilan yang ketiga.

j.        Peserta atau seorang pemain dari peserta yang Mengeluarkan kata – kata kotor, cacian / makian,atau perilaku dan tindakan yang menyebabkan kericuhan / kekacauan Diskualifikasi.

k.      Peserta yang memakai atau menggunakan benda tajam ,api, petasan,bakaran menyan,peralatan yang memakai arus DC atau accu,sampah kertas dll, membuang sesuatu kedalam arena. Diskualifikasi

6.      PENILAIAN

Sistem penilaian untuk mata lomba Colour Guard dilakukan system penilaian sebagai berikut:

a.       Individual Movement Analysis

b.      Individual Analysis Equipment

c.       Ensemble Analysis

d.      General Effect 

D.    MINI BAND

1.      Setiap Band terdiri dari 7 (tujuh) orang pemain  (dapat dipilih), dapat juga ditambahkan 1 (satu) orang field commander, tapi tidak masuk dalam penilaia

a.       4  Brass dan 3 Perkusi atau

b.      5  Brass dan 2 perkusi.

2.      Selama penampilan, pemain tidak melakukan gerakan manuvering. Jadi hanya berdiri dengan posisi satu baris berjajar sambil memainkan musik.

3.      Jumlah lagu tidak terbatas.

4.      Lamanya penampilan adalah 6 s/d 7 menit. Hitungan dimulai saat alat pertama kali berbunyi sampai lagu terakhir selesai dimainkan.

5.      Tidak diperkenankan menggunakan Drum set.

6.      Penilaian meliputi :

a.       Repartoir

b.      Mutu Teknik Perkusi

c.       Mutu Teknik Horn.

d.      Penguasaan musik

e.       Overall (Audio effect)

E.     SOLO PERKUSI.

1.      Lomba diikuti oleh satu orang pemain

2.      Setiap Peserta dapat mengirim maksimal 3 peserta.

3.      Lamanya penampilan adalah 5 s/d 6 menit. Hitungan dimulai saat alat pertama kali dimainkan. Jika lagu yang dimainkan melebihi 5 s/d 6 menit, maka kelebihan waktu tersebut tidak lagi dinilai oleh juri.

4.      Lagu yang dibawakan bebas.

5.      Perkusi yang digunakan dapat berupa Snare drum atau multi tom (namun bukan drum set)

6.      Penilaian  meliputi :

a.       Mutu teknik

b.      Penguasaan musik

c.       Sound quality 

F.     SOLO HORN

1.      Lomba diikuti oleh satu orang pemain

2.      Setiap Peserta dapat mengirim maksimal 3 peserta.

3.      Lamanya penampilan adalah 5 s/d 6 menit. Hitungan dimulai saat alat pertama kali dimainkan. Jika lagu yang dimainkan melebihi 5 s/d 6 menit, maka kelebihan waktu tersebut tidak lagi dinilai oleh juri.

4.      Lagu yang dibawakan bebas.

5.      Horn yang digunakan dapat berupa Trompet,Melo atau Baritone horn.

6.      Penilaian  meliputi :

a.       Mutu teknik

b.      Penguasaan musik

c.       Sound quality

Manado, 1 Juli 2013, 

Ketua Panitia Pelaksana Lexi Mantiri

Ketua Panitia Pengarah Art Merung

 

PETUNJUK PELAKSANA

MANADO PEARL MARCHING BAND COMPETITION

1.      PENDAHULUAN

Dalam rangka penunjang pelaksanaan Pearl Manado Marching band Competition 2013, maka perlu diterbitkan Petunjuk Pelaksanaan lomba yang harus dan wajib dipatuhi oleh seluruh peserta lomba.

 

2.      NAMA KEGIATAN

Pearl Manado Marching Band Competition 2013

Kejuaraan Terbuka Memperebutkan Piala Gubernur Sulut, Wakil Gubernur Sulut

3.      PENYELENGGARA

a.       Manado Multi Kreasi Event Organizer

b.      PT. Citra Intirama Jakarta

c.       Septim Music Manado 

4.      MAKSUD DAN TUJUAN

a.       Memasyarakatkan kegiatan Drum Band dan Marching Band di Indonesia

b.      Memberikan kegiatan yang sehat dan terarah, khususnya kepada pelajar dan remaja

c.       Meningkatkan kemampuan unit-unit Marching Band dan Drum Band untuk berprestasi

d.      Memperdalam serta menghayati unsur eni pada umumnya dan seni musik pada khususnya yang sangat dominan dalam kegiatan Marching Band

e.       Memeriahkan HUT Provinsi Sulawesi Utara 2013 

5.      WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Hari                 : Jumat dan Sabtu

Tanggal           : 8-9 November 2013

Jam                  : 08.00 Wita sampai selesai

Tempat            : GOR Arie Lasut, Manado

6.      PESERTA

a.       Peserta Pearl Manado Marching Band Competition 2013 adalah unit-unit Drum Band dan Marching Band yang ada di Sulawesi Utara dan Indonesia pada umumnya yang harus mentaati seluruh peraturan lomba.

b.      Pembagian Divisi

I.                   Divisi Marching Band

Divisi Marching Band (Khusus untuk satuan yang telah memenuhi syarat minimal Marching Band, yaitu menggunakan minimal satu unit alat tiup register bawah cth : Euphonium, cont.tuba/tuba ). Terbuka untuk unit Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Perguruan Tinggi dan umum. 

II.                Divisi Drum Band

Unit Drum Band yang pemainnya berasal dari siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA). Unit Drum Band yang pemainnya berasal dari siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

III.             Divisi Junior Band

Klasemen ini dikhususkan untuk Drum Band Sekolah Dasar (SD) yang ada di Sulawesi Utara dan daerah lain. 

       PENDAFTARAN

a.       Pendaftaran dimulai tanggal 1 Juli 2013 dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan membayar biaya pendaftaran Rp. 500.000,-

b.      Pendaftaran akan ditutup pada tanggal 1 November 2013

c.       Bagi unit yang ingin melaksanakan uji coba arena dikenakan biaya sebesar Rp.250.000,- per jam  (maksimal 1 unit 2 jam)

d.      Pendaftaran dapat dilakukan dengan cara:

·         Mengisi formulir pendaftaran disertai tandatangan manager team dan melunasi uang pendaftaran (point a) serta uang uji coba lapangan (point c)

·         Uang pendaftaran dapat dibayarkan langsung di sekretariat panitia atau dengan cara dikirim/ditransfer ke BCA, Manado No: 78000157000 a.n: Sophy Soegihartono. Bukti transfer harus dikirim ke panitia via fax atau melalui pos ke alamat Septim Music Manado d/a Ruko Bahu, Jalan Wolter Mongisidi. Telp:0431-85678, 0431-864777, No. Fax: 0431-854467

·         Contact Person :

Lexi Mantiri (082187656418)

Art Merung (08124435692)

Regi Kaunang (081356832430)

Sophy Soegihartono (0811430202)

Mycle Wala (08124412634),

Calvin Pahimaneng (089698145558 

8.      PENGUNDURAN DIRI

Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditandatangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

9.      RUND DOWN KEGIATAN

a.       Proses registrasi mulai 1 Juli sampai 2 November 2013

b.      Rapat Teknis akan digelar pada 31 Agustus 2013 di SMP Gonzaga Tomohon

c.       Marching Mini dan Drum Battle (Mini Drum Battle, Mini Guard Contest, Mini Band, Perorangan Horn dan Perorangan Perkusi)  

d.      Uji coba lapangan Hari Pertama pada Hari Rabu, 6 November 2013 di GOR Arie Lasut, Manado

e.       Uji coba lapangan Hari Kedua pada Hari Kamis, 7 November 2013 di GOR Arie Lasut, Manado

f.       Pembukaan dan Pelaksanaan Lomba Hari Pertama pada Hari Jumat, 8 November 2013 pada pukul 09.00 Wita sampai selesai di GOR Arie Lasut.

g.      Pelaksanaan Lomba Hari Kedua pada Hari Jumat, 9 November 2013 pada pukul 09.00 Wita sampai selesai di GOR Arie Lasut.

10.  KOMPOSISI PEMAIN

a.       Pemain Musik: minimal 40 orang

b.      Pemain Bendera (Guard): maksimal 30 persen dari pemain musik dibulatkan ke atas

c.       Pemain cadangan: maksimal 10 persen dari pemain musik dibulatkan ke atas

d.      Official: maksimal 12 orang

11.  PERSYARATAN UNTUK PEMAIN

a.       Divisi Marching Band

Divisi Marching Band (Khusus untuk satuan yang telah memenuhi syarat minimal Marching Band, yaitu menggunakan minimal satu unit alat tiup register bawah cth : Euphonium, cont.tuba/tuba ). Terbuka untuk unit Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Perguruan Tinggi dan umum. 

b.      Divisi Drum Band

Unit Drum Band yang pemainnya berasal dari siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA). Unit Drum Band yang pemainnya berasal dari siswa/i Sekolah Menengah Pertama (SMP).

c.       Divisi Junior Band

Klasemen ini dikhususkan untuk Drum Band Sekolah Dasar (SD) yang ada di Sulawesi Utara dan daerah lain.

d.      Pemain Marching Band dan Drum Band yang dikirim ke panitia harus disahkan oleh Kepala Sekolah, Pimpinan Perguruan Tinggi atau pimpinan unit yang bersangkutan

e.       Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sanksi berupa diskualifikasi dari kompetisi dan atau pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya

12.  DAFTAR NAMA DAN TANDA PENGENAL

a.       Setiap pemain dan official harus dimaukkan dalam daftar pemain dan official dengan format terlampir dan harus disertai pas photo ukuran (2×3) cm. Biodata ini harus sudah dimasukkan pada paniti paling lambat sehari sebelum pelaksanaan lomba.

b.      Semua anggota peserta (pemain musik, pemain bendera, pemain cadangan maupun official) harus memakai Kartu Tanda Pengenal. Setelah inspeksi/ Roll Call Kartu Tanda Pengenal boleh dilepaskan saat akan memasuki arena lomba untuk bertanding.

c.       Kartu Tanda Pengenal tidak berlaku sebagai tanda masuk. Bila ingin menonton pertandingan, setiap pemain, official dan supporter harus membeli tiket masuk.

d.      Roadies atau helpers dari band peserta wajib memakai seragam

13.  URUTAN PENAMPILAN

Urutan penampilan akan diundi pada rapat teknis

14.  PERALATAN

a.       Corak dan warna bendera color guard tidak dibenarkan menyerupai bendera kebangsaan suatu negara.

b.      Dapat menggunakan peralatan tambahan lain seperti tongkat, payung, saber, riffle dan sebagainya.

c.       Dapat menggunakan property tambahan yang diperlukan untuk penampilan (screen back ground, moving wall, gapura, tenda dan sebagainya), tetapi dilarang menggunakan property yang bersifat permanen dan atau yang dapat membahayakan keselamatan pemain/penonton. Ketinggian maksimum property ini (backdrop) adalah 2,5 meter dari lantai sudah termasuk penyangga dan panjang maksimum 2 meter dan lebar maksimum adalah 2 meter. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat dikenakan penalty.

d.      Semua peralatan perkusi selaput/membran (drum) dan alat tabuh lainnya seperti keyboard yang tidak menggunakan listrik untuk menghasilkan suaranya , diperkenankan untuk dipergunakan.

e.       Instrumen perkusi keyboard diperbolehkan menggunakan tabung resonator. Suatu jenis motor DC yang menggunakan baterai hanya dipakai untuk vibraphone. Motor tersebut bukan dipakai untuk memperbesar suara, namun semata-mata untuk menghasilkan efek vibrasi dengan memutar sudu-sudu pada tabung resonator. Amplifier listrik dan/atau alat elektronik lainnya yang berfungsi sebagai alat pengeras suara dilarang untuk dipergunakan.

f.       Peralatan besar dan berat serta sukar untuk disandang (pitch instrument), dapat ditempatkan terlebih dahulu di atas arena. Dengan catatan bahwa hal itu baru boleh dilaksanakan apabila giliran penamplannya telah tiba dan sekali-kali tidak mengganggu peserta terdahulu.

g.      Alat tiup yang diperkenankan dipakai, tidak dikenai pembatasan dalam hal jenis atau pun jumlahnya. Penggunaan mutes tidak dilarang.

h.      Peserta tidak diperbolehkan menggunakan peralatan listrik atau baterai dan segala jenis peralatan yang berbahaya seperti penghasil cahaya atau panas, dupa/penghasil asap, tabung bertekanan, kembang api, obor, petasan serta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena omba atau pun mengotori lomba.

i.        Peserta tidak diperbolehkan menggunakan hewan atau binatang hidup lainnya (seperti burung, ayam dan sebagainya) pada saat penampilan di dalam atau di sekitar arena lomba.

j.        Selama penampilan, pemain dilarang menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/officialnya.

k.      Peserta tidak diperbolehkan membawa rostrum untuk field commander, karena panitia telah menyiapkan/menyediakannya.

l.        Pelanggaran atas ketentuan peralatan ini akan dikenai sanksi penalty.

15.  REPARTOIRE

a.       Setia band peserta diperkenakan untuk membawakan lagu-lagunya tanpa dibatasi jumlah dan jenisnya, baik itu merupakan lagu-lagu yang terpisah atau berdiri sendiri maupun merupakan suatu rangkaian lagu-lagu yang biasanya disebut medley atau suatu rangkain lagu-lagu dari suatu musical play.

b.      Tidak ada lagu wajib yang harus ditampilkan oleh band peserta. Peserta bebas menentukan lagu-lagu yang akan ditampilkannya.

c.       Panjang (durasi) dari pagelaran keseluruhannya untuk masing-masing peserta ditentukan minimal 10 (sepuluh) menit dan maksimal 12 (dua belas) menit. Pelanggaran terhadap ketentuan tersebut akan dikenakan hukuman/penalti.

d.      Sebelum lomba dimulai, para peserta dapat melakukan pemanasan/warm up, maksimal selama 1 menit (60 detik) dan wajib dilakukan dengan cara membelakangi tribun VVIP.

 

16.  PERMAINAN SOLO DAN DUET

a.       Dalam penampilannya, peserta dapat menampilkan permainan solo untuk alat tiup atau perkusi, serta permainan duet untuk alat tiup.

b.      Tidak ada batasan panjang permainan solo dan duet tersebut

c.       Band peserta dapat menampilkan lebih dari 1 (satu) orang solist untuk permainan solo dan lebih dari 1 (satu) pasang pemain untuk permainan duet.

 

17.  PELAKSANAAN TEKNIS PENAMPILAN DISPLAY

a.       60 (enam pulu) menit sebelum jadwal penampilan yang telah ditentukan, peserta yang bersangkutan beserta seluruh personilnya harus sudah hadir di tempat lomba.

b.      Setibanya peserta di tempat lomba, team manager harus segera melaporkan kedatangan bandnya kepada panitia penyelenggara (d.h.i. Seksi Roll Call), di mana kepadanya akan diberikan formulir kedatangan yang wajib diisi saat itu juga. Kemudian saat itu juga akan diberikan suatu tanda yang wajib dipakai oleh Field Commander utama.

c.       Selama waktu menunggu giliran penampilannya, peserta dapat memanfaatkan waktunya untuk pemanasan di luar arena pertandingan, sepanjang tidak mengganggu pelaksanaan serta jalannya lomba.

d.      45 (empat puluh lima) menit sebelum giliran penampilannya, peserta secara lengkap harus sudah siap di tempat yang telah ditentukan (pintu masuk arena lomba), pada saat itu pula akan dilakukan pemeriksaan oleh Seksi Roll Call.

e.       Bila sudah tiba saatnya untuk tampil, seorang petugas akan memberikan isyarat kepada peserta untuk memasuki arena lomba, sedangkan cara memasuki arena lomba diserahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan dengan memperhatikan ketentuan march in dan march off (masing-masing maksimal 2 menit)

f.       Selanjutnya peserta menempatkan diri pada posisi untuk warming up (pemanasan) yang boleh diatur/dipilih sendiri demi efektifitas pemanasan. Pada posisi pemanasan tersebut, kepada peserta yang bersangkutan diberikan waktu untuk pemanasan /warming up selama 60 detik (1 menit) dengan cara membelakangi tribun utama. Setelah pemanasan selesai dilakukan, peserta boleh berpindah tempat ke posisi awal/start yang dipilihnya sendiri. Kelebihan waktu untuk pemanasan/warming up akan dikenakan penalti, diperhitungkan untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik dan bagiannya dibulatkan ke atas.

g.      Selama peserta mempersiapkan diri, pemandu acara mengumumkan data-data dari peserta yang bersangkutan sesuai dengan apa yang ditulis oleh team manager pada formulir yang diisinya di saat melapor pada seksi Roll Call.

h.      Setelah peserta selesai warming up serta siap pada posisi awal/start yang ditandai dengan menghadap kembali ke tribun utama dala keadaan sikap istirahat di tempat, maka pemandu acara akan bertanya kepada juri sebagai berikut: “Kepada Dewan Juri yang terhormat, sudah siapkah Anda?” Semua Juri mengangkat tangannya sebagai jawaban/pertanda bahwa mereka telah siap.

i.        Selanjutnya pemandu acara akan mengajukan pertanyaan kepada Field Commander sebagai berikut: “Field Commander sudah siapkah band Anda?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Field Commander menyiapkan bandnya, kemudian memberi hormat ke arah tribun utama dengan gaya dan caranya sendiri. Khusus untuk Field Commander, setelah pemandu acara mengajukan pertanyaan seperti tersebut di atas, maka segala gerakan dan tindakannya sudah mulai dinilai. Setelah Field Commander memberi hormat, pemandu acara akan memberi isyarat kepada peserta yang bersangkutan sebagai berikut : “Silahkan Anda mulai”

j.        Pada akhir penampilannya, Field Commander wajib memberikan hormat ke arah tribun utama. Setelah memberi hormat Field Commander supaya tetap di tempat dahulu, sampai seorang petugas panitia penyelenggara menyerahkan sutua tanda bukti prestasi.

k.      Peserta lalu bergerak keluar arena lomba dengan memperhatikan ketentuan march off.

18.  KETENTUAN PESERTA DISPLAY

a.       Peserta diwajibkan melaksanakan suatu pagelaran musik dan display dalam suatu arena beratap (indoor), ukuran area display adalah 35 x 20 meter, dan untuk pitc instrument yaitu 35 x 1.5 meter. Memulai da mengakhiri penampilan wajib di dalam arena lomba (tidak diperkenankan memulai penampilan dari lorong pintu masuk atau mengakhiri apabila penampilan dengan cara sebagian atau seluruh pemain meninggalkan arena lomba). Pelanggaran atas ketentuan ini akan dikenakan pinalti.

b.      Penampilan harus menghadap tribun utama kecuali pada saat tertentu di mana suatu display mengharuskan demikian, tetapi berakhir kembali menghadap ke arah tribun utama.

c.       Pada saat masuk arena lomba (march in) ataupun pada saat keluar dari arena lomba (march off) diperkenankan memainkan Cadence.

d.      March in diberi waktu maksimal 120 detik (2 menit). Penghitungan waktu dimulai ketika pemain (orang) pertama menginjak lantai arena lomba sampai dengans eluruh pemain siap tampil pada posisi tuning/warming up.

e.       Apabila karena keterbatasan jumlah official/roadies/helper, band peserta melibatkan pemain pada saat persiapan peralatan di arena lomba, maka setelah selesai mempersiapkan peralatannya, para pemain tersebut wajib keluar lagi dari arena lomba (tidak diam di tempat) untuk kemudian masuk kembali bersama-sama dengan para pemain lainnya sesuai dengan ketentuan march in.

f.       Apabila pemain yang dimaksud pada point e di atas tidak keluar lagi dari arena lomba (tetap diam di tempat) setelah selesai mempersiapkan peralatannya, para maka akan dianggap sebagai march in, yang waktunya dihitung sejak pemain yang bersangkutan memasuki arena lomba.

g.      Penghitungan waktu untuk march off dimulai sejak gerakan pertama dari posisi akhir dilaksanakan sampai dengan orang terakhir keluar dari lantai area lomba. March off diberi waktu maksimal 120 detik (2 menit). Kelebihan waktu untuk pelaksanaan march in maupun march off akan dikenakan pinalti, diperhitungkan untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik dan bagiannya dibulatkan ke atas.

h.      Waktu untuk seluruh pagelaran musik dan display ditentukan minimal 10 menit (sepuluh) menit dan maksimal 12 (dua belas) menit. Waktu penampilan yang menyimpang dari ketentuan di atas (lebih atau kurang) akan dikenakan pinalti yang diperhitungkan setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan ke atas. Penghitungan waktu dimulai pada saat salah satu alat musik dimainkan (dibunyikan) atau sejak gerakan pertama dari posisi awal/start dilaksanakan sampai dengan Field Commander memberi penghormatan sebagai tanda bahwa pagelaran bandnya telah selesai.

i.        Seperti halnya pada awl penampilan, pada akhir penampilanpun Field Commander wajib untuk memberi hormat ke arah tribun utama. Pemberian hormat pada akhir penampilan ini merupakan suatu tanda bahwa acara pagelaran peserta telah selesai dilaksanakan dan pada saat yang bersamaan penghitungan waktu pagelaran dihentikan.

j.        Field Commander dinilai secara terpisah. Untuk peserta yang memakai lebih dari seorang Field Commander yang akan dinilai hanyalah Field Commander utama saja sama halnya dengan paramananda/i

k.      Selama melaksanakan pagelarannya (lomba), semua alat maupun perlengkapan diperbolehkan untuk setiap waktu diletakkan di lantai arena lomba.

l.        Selama peserta sedang melakukan/melaksanakan pagelarannya, official atau roadies dari peserta yang bersangkutan tidak diperbolehkan berada dalam arena lomba.

m.    Official, pelatih dan roadies diperkenankan berada di arena lomba pada sat pengaturan dan penempatan alat-alat besar di pit dan perlengkapan lainnya untuk unsur pendukung sebelum band peserta masuk ke arena lomba (march in). segera setelah penempatan dan pengaturan alat-alat serta perlengkapan tersebut selesai, yang bersangkutan diharuskan segera keluar meninggalkan arena lomba dan berkumpul/menyaksikan di tempat yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat dikenakan sanksi pinalti.

n.      Pada keadaan darurat/musibah di mana misalnya property (back drop/moveable board) terjatuh dan membahayakan keselamatan pemain unit yang bersangkutan, maka yang diperkenankan masuk ke arena pada saat lomba sedang berlangsung hanya anggota panitia lomba saja. Apabila ternyata ada sekelompok official dan/atau roadies dari band peserta yang sedang tampil ikut memasuki arena padahal anggota panitia lomba sudah mengatasi dan menanganinya, maka akan dikenakan pinalti sebesar minus 0,5.

o.      Pada keadaan darurat/pemain pingsan atau kecelakaan maka yang diperkenankan untuk membantu dan mengevakuasi pemain yang pingsan/kecelakaan adalah tim medis lomba yang stand by setiap saat pada waktu lomba berlangsung. Pinalti sebesar 5,0 akan diberlakukan apabila ada sekelompok official dan/atau roadies dari band peserta yang sedang tampil ikut masuk ke arena lomba padahal anggota panitia lomba/tim medis lomba sudah mengatasi dan menanganinya (ketentuan pinalti yang sama dengan butir 0 di atas)

p.      Pada saat pergantian lagu, peserta diperkenankan untuk berhenti total dengan catatan bahwa jumlah waktu untuk berhenti total dalam seluruh penampilan/pagelaran tidak boleh melebihi 60 (enam puluh) detik.

q.      Bila jumlah waktu berhenti total dalam seluruh penampilan/pagelaran melebihi waktu 60 (enam puluh) detik, maka akan dikenakan pinalti, dihitung dari setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan ke atas.

r.        Pada saat akan melaksanakan permainan solo atau duet, para pemain yang bersangkutan dapat keluar dari formasi bandnya dan berdiri di depan menghadap tirbun utama lalu melaksanakan permainannya (solo atau duet). Demikian juga halnya bila telah selesai dengan permainan solo atau duetnya, mereka dapat masuk kembali ke formasi bandnya.

s.       Para pemain alat tiup atau perkusi diberi kesempatan untuk keluar dari formasi bandnya guna memainkan satu atau sejumlah alat musik statis tanpa ada kewajiban untuk memberi hormat ke arah tribun utama, tetapi gerakan ini bukan merupakan bagian dari permainan solo atau duet.

t.        Seorang pemain atau lebih dan band peserta yang sedang melakukan pagelarannya tidak diperbolehkan keluar dan/atau melanggar batas arena lomba, misalnya naik dan/atau turun ke/dari tribun penonton maupun keluar dan masuk kembali melalui pintu masuk atau pun pintu keluar, pelanggaran terhadap ketentuan ini akan dikenakan pinalti.

 

19.  PINALTI

Pinalti adalah pengurangan terhadap nilai total peserta. Hal-hal yang dikenakan sebagai pinalti adalah untuk pelanggaran-pelanggaran sebagai berikut:

a.       Marc in atau march off melebihi batas waktu yang diperbolehkan untuk masing-masing 120 detik (2 menit), dihitung kelebihan waktunya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan ke atas. (pinalti 0,1)

b.      Kelebihan waktu pemanasan/warming up dari waktu yang diperbolehkan yaitu 180 detik (3 menit), dihitung kelebihan waktunya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan ke atas. (pinalti 0,1)

c.       Field Commander tidak memberi hormat di awal penampilannya. (pinalti 0,1)

d.      Field Commander tidak memberi hormat di akhir penampilannya. (pinalti 0,1)

e.       Waktu penampilan yang kurang dari 10 (sepuluh) menit, di hitung kekurangannya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan ke atas. (pinalti 0,1)

f.       Waktu penampilan yang lebih dari 12 (dua belas) menit, dihitung kelebihannya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan ke atas. (pinalti 0,1)

g.      Waktu berhenti total dalamw aktu seluruh pagelaran/penampilan yang melebihi 1 (satu) menit, dihitung kelebihannya untuk setiap kelipatan 3 (tiga) detik atau bagiannya dibulatkan ke atas. (pinalti 0,1)

h.      Seorang atau lebih pemain berada di luar batas arena lomba selama penampilannya berlangsung, diperhitungkan untuk setiap pemain yang melanggara ketentuan ini. (pinalti 0,5/orang)

i.        Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan pinalti setelah terdengar panggilan yang kedua, jarak antara panggilan pertama dan kedua adala 90 (sembilan puluh) detik. (pinalti 0,5/orang)

j.        Keterlambatan memenuhi panggilan untuk tampil di arena lomba dikenakan pinalti setelah terdengar panggilan yang ketiga seperti butir i. Namun setelah panggilan ketiga, dan ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik peserta yang bersangkutan belum juga tampil di arena lomba, maka peserta tersebut dapat dikenakan hukuman diskualifikasi. (0,5/diskualifikasi)

k.      Peserta yang menggunakan alumni atau pemain yang melewati batas umur yang dijinkan. (diskualifikasi)

l.        Peserta membawa rostrum untuk Field Commander. (pinalti 2,5 per buah)

m.    Band peserta menggunakan segala jenis peralatan yang berbahaya seperti penghasil cahaya atau panas, dupa/penghasil asap, tabung bertekanan, kembang api, obor, petasan serta benda lain yang mudah terbakar di dalam atau di sekitar arena loma, ataupun mengotori arena lomba. (pinalti 1,0)

n.      Band peserta menggunakan hewan dan binatang hidup lainnya  pada saat penampilan di dalam atau di sekitar lomba. (pinalti 1,0)

o.      Official, helper atau roadies dari peserta yang sedang tampil memasuki/berada di arena lomba. (pinalti 2,5)

p.      Band peserta menggunakan property (back drop, moving wall) yang membahayakan keselamatan pemain/penonton atau tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia. (pinalti 1,0/per buah)

q.      Jumlah pemain bendera (colour guard lebih dari 30 persen dari jumlah pemain musik (pembulatan ke bawah). (pinalti 1,0)

 

20.  DISKUALIFIKASI

Diskualifikasi dikenakan terhadap peserta yang melanggar ketentuan sebagai berikut:

a.       Belum mengembalikan formulir pendaftaran

b.      Belum melunasi registrasi: pendaftaran dan uji coba arena (apabila mengikuti)

c.       Belum menyerahkan data team peserta

d.      Memakai pemain yang namanya tidak tercantum dalam data team peserta dari peserta yang bersnagkutan.

e.       Peserta menggunakan alumni atau pemain yang melewati batas umur yang dijinkan.

f.       Peserta menggunakan pemain yang namanya juga terdaftar dalam data team peserta dari peserta yang lain (pemain ganda).

g.      Setelah dipanggil untuk ketiga kalinya dan selanjutnya ditunggu selama 90 (sembilan puluh detik), tetapi peserta yang bersangkutan belum juga hadir di arena lomba.

h.      Perkecualiaan untuk hal ini apabila keterlambatan hadir disebabkan oleh suatu keadaan force majeur yang wajib dibuktikan secara meyakinkan yang tidak dapat disangsikan kebenarannya, maka untuk peserta tersebut giliran penampilannya akan dilaksanakan pada giliran terakhir dari babak tersebut.

i.        Membuat kegaduhan yang di luar batas kewajaran dan/atau kerusuhan di dalam maupun di luar arena (termasuk para supporter/pendukung).

j.        Mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh dan melanggar etiket/susila/SARA, mengejek, mencemooh dan bersikap menantang terhadap penyelenggara, petugas dan/atau juri yang termasuk dalam jajaran kepanitiaan.

k.      Menggunakan bendera untuk colour guard yang memakai desain dan warna bendera suatu negara.

l.        Menggunakan alat amplifier listrik atau elektronik lainnya, kecuali motor DC dengan baterei untuk memutar sudu-sudu vibraphone.

m.    Pembina, pelatih dan/atau official band peserta memberi petunjuk atau isyarat-isyarat kepada band yang sedang tampil di arena lomba.

n.      Selama penampilan, pemain menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apa pun yang dapat digunakan untuk menerima petunjuk dari pelatih/official.

21.  PENILAIAN

a.       PENILAIAN UNTUK BAND

1.      Display dan showmanship (D&S)

·         Konsep Pagelaran ……………………………150    250:10             =25

·         Efek Showmanship ………………………….100

2.      Music Analysis-Horn Line (MA-HL)

·         Mutu Teknik …………………………………100    200:10             =20

·         Penguasaan Musik ……………………………100

3.      Music Analysis-Percussion Line (MA-PL)

·         Mutu Teknik …………………………………100    200:10             =20

·         Penguasaan Musik ……………………………100

4.      Colour Guard (CG)

·         Komposisi Program: bentuk, gerakan, alat…..50

·         Kesempurnaan: bentuk, gerakan, alat………..50       100:10             =10

5.      General Effect (GE)

·         Repertoire ……………………………………..80

·         Showmanship …………………………………60

·         Visual Effect ………………………………….110   250:10             =25

TOTAL NILAI ……………………………………………………= 100

b.      PENILAIAN UNTUK PERORANGAN

1.      Field Commander/Gita Pati (FC)

Musicianship 60

Coordination 20

Showmanship 20

Total 100

2.      Drum Mayor/Paramananda/i

Leadership 60

Coordination 20

Showmanship 20

Total 100

3.      Solo Horn

Tone Quality 40

Dynamic 30

Expression 30

Total 100

4.      Solo Perkusi

Sound Quality 40

Dynamic 30

Expression 30

Total 100

 

22.  PENENTUAN JUARA DAN PEMENANG

Penentuan juara dan pemenang dilaksanakan sbagaimana tersebut di bawah ini:

a.       Untuk penentuan nilai akhir masing-masing peserta dipergunakan rumus sebagai berikut:

(D&S) + (MA-PL) + (CG) + (GE) – (PEN) = NILAI AKHIR

b.      Untuk penentuan nilai akhir lomba perorangan yaitu Field Commander, ditentukan dengan nilai tertinggi yang diraih sampai dengan babak terakhir yang diikuti masing-masing peserta.

c.       Tidak dikenal juara kembar atau juara bersama maupun pemenang kembar atau pemenang bersama

d.      Apabila terdapat persamaan pada nilai akhir, maka cara menentukan juaranya (pemenangnya) adalah dengan membandingkan terlebih dahulu nilai unsur GE dari kedua peserta yang bersangkutan. Bila unsur GE sama, maka dengan cara yang sama pulai dibandingkan nilai dari unsur DS. Bila nilai unsur DS masih sama, maka dengan cara yang sama pula dibandingkan nilai dari unsur MA-HL. Bila nilai untuk unsur MA-HL juga masih sama, maka dengan cara yang sama pula dibandingkan nilai unsur CG. Apabila keadaannya sama, maka dilihat PEN. Pinalti/hukuman yang terkecil itulah pemenangnya.

 

23.  DEWAN JURI

Dewan juri adalah juri yang benar-benar telah mempunyai pengalaman dalam lomba-lomba yang sifatnya nasional seperti GPMB (Grand Prix Marching Band) Indonesia. Penilaian juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

 

24.  PENGAJUAN PROTES

Bila peserta merasa dirugikan dapat mengajukan protes secara tertulis kepada Ketua Bidang Lomba yang ditandatangani oleh team manager serta membayar biaya protes sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) selambat-lambatnya 1 (satu) jam setelah pengumuman hasil penilaian yang kemudian akan ditangani dewan juri. Apabila protes band peserta dikabulkan, maka biaya protesnya akan diserahkan kembali.

 

25.  HADIAH DAN PENGHARGAAN

a.      Divisi Marching Band

Juara 1                                    :  - Trophy Bergilir Juara Divisi

                                                               -  Trophy Tetap

                                                               -  Uang tunai Rp.4.000.000 + Piagam

            Runner up 1                            :  Trophy + Uang tunai Rp. 3.000.000+ Piagam

            Runner up 2                            :  Trophy + Uang tunai Rp. 2.000.000+ Piagam

            Runner up 3                                        :  Trophy + Piagam Penghargaan

            Runner up 4                            :  Trophy + Piagam Penghargaan

            Runner up 5                            :  Trophy + Piagam Penghargaan

            Mayoret terbaik                       : Trophy + Piagam Penghargaan

            Field Commander                   : Trophy + Piagam Penghargaan

            Solo Horn terbaik                    : Trophy + Piagam Penghargaan

            Colour Guard terbaik              : Trophy + Piagam Penghargaan

            Percussion line terbaik            : Trophy + Piagam Penghargaan

            Horn line terbaik                     : Trophy + Piagam Penghargaan

            Arransemen terbaik                 : Trophy + Piagam Penghargaan

            Seragam terbaik                      : Trophy + Piagam Penghargaan

 

b.      Divisi Drum Band

Juara 1                                    :  - Trophy Bergilir Juara Klasemen

                                                               - Trophy Tetap

                                                               - Uang Tunai Rp.3.000.000 + Piagam

            Runner up 1                            : Trophy + Uang tunai Rp.2.000.000 + Piagam         

Runner up 2                            : Trophy + Uang tunai Rp.1.000.000 + Piagam         

Runner up 3                            : Trophy + Piagam Penghargaan

            Runner up 4                            : Trophy + Piagam Penghargaan

            Runner up 5                            : Trophy + Piagam Penghargaan

            Mayoret terbaik                       : Trophy + Piagam Penghargaan

            Field Commander                   : Trophy + Piagam Penghargaan

            Solo Horn terbaik                    : Trophy + Piagam Penghargaan

            Colour Guard terbaik              : Trophy + Piagam Penghargaan

            Percussion line terbaik            : Trophy + Piagam Penghargaan

            Horn line terbaik                     : Trophy + Piagam Penghargaan

            Arransemen terbaik                 : Trophy + Piagam Penghargaan

            Seragam terbaik                      : Trophy + Piagam Penghargaan

            The Best General Effect         : Trophy + Piagam Penghargaan

 

c.       Divisi Junior Drum Band

 

Juara 1                                     : - Trophy Bergilir Juara Klasmen

                                                                 Trophy Tetap

                                                                 Uang Tunai Rp. 3.000.000 + Piagam

            Runner up 1                            : Trophy Tetap + Rp. 2.000.000 + Piagam

            Runner up 2                            : Trophy Tetap + Rp. 1.000.000 + Piagam     

            Mayoret terbaik                       : Trophy I, II, III

            Field Commander                   : Trophy I, II, III

            Solo Horn terbaik                    : Trophy I, II, III

            Colour Guard terbaik              : Trophy I, II, III

            Percussion line terbaik            : Trophy I, II, III

            Horn line terbaik                     : Trophy I, II, III

            Arransemen terbaik                 : Trophy I, II, III

            Seragam terbaik                      : Trophy I, II, III

 

26.  UPACARA PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN

a.       Upacara pembukaan akan dilaksanakan pada Hari Jumat Tanggal 8 November 2013, dimulai pada pukul 08.00 Wita yang wajib diikuti oleh semua peserta dengan masing-masing mengirimkan 10 (sepuluh) orang anggotanya dengan memakai seragam penampilannya.

b.      Upacara penutupan akan dilaksanakan pada Hari Sabtu Tanggal 9 November 2013, yang menimal wajib diikuti 10 (sepuluh) orang pemain, yang akan dimulai segera setelah rapat dewan juri untuk menentukan juara telah selesai dilaksanakan.

 

27.  PENYERAHAN HADIAH

Penyerahan trophy dan uang tunai untuk para pemenang akan dilaksanakan setelah upacara penutupan selesai. Peserta yang berhasil meraih/memperoleh salah satu trophy di atas wajib mengikuti upacara penutupan. Bila peserta yang dimaksud di atas tidak mengikuti/hadir pada upcara penutupan, maka piala tersebut menjadi milik panitia penyelenggara.

28.  PENJELASAN LAIN

Bagi seluruh pemain yang ingin menjadi penonton, maka harus membeli karcis masuk sebagaimana penonton umum. Tanda peserta tidak berfungsi sebagai tanda masuk sebagai penonton.

 

29.  LOMBA MARCHING MINI DAN DRUM BATTLE

Lomba Marching Mini dan Drum Battle dibuatkan juklan tersendiri dan terpisah dari juklak ini.

30.  PENUTUP

Demikian petunjuk pelaksanaan Pearl Manado Marching Band Competition 2013 dibuat untuk dilaksanakan dan ditaati oleh seluruh peserta lomba.

About Lexi Mantiri

Wartawan
Jasa Pembuatan Web Berkualitas di Manado