Home » News » Headline » Mahasiswa Papua dan Masyarakat Tataaran Akhirnya Berdamai
Rental Mobil Murah di Manado

Mahasiswa Papua dan Masyarakat Tataaran Akhirnya Berdamai

Pertikaian yang terjadi beberapa waktu yang lalu antara mahasiswa asal Papua dan masyarakat Tataaran Tondano akhirnya berakhir damai dan penuh nuansa kekeluargaan. Hal ini bisa tercipta setelah pihak-pihak yang bertikai yakni mahasiswa asal Papua dan masyarakat Taaran Tondano menandatangani perjanjian damai. Penandatanganan perjanjian damai dilakukan setelah sebelumnya dilaksanakan ibadah Natal antara pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Penandatanganan perjanjian damai ini diprakarsai oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat. Ini sekaligus menepis isu yang menyatakan bahwa acara ini diprakarsai oleh anggota DPD asal Sulut Maya Rumantir yang turut diundang oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa.

Penandatangan Perjanjian Damai Antara Mahasiswa Papua dan Masyarakat Tataaran Tondano
Foto-foto penandatangaan perjanjian damai | Foto: Humas Prov Sulut

Menurut kepala Biro Pemerintahan dan Humas yang ditegaskan kembali oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Linmas, disampaikan bahwa terjadi misleading dengan isu tersebut dimana acara tersebut bukan diprakarsai oleh pihak lain selain pemerintah, baik pemerintah provinsi Sulut termasuk kabupaten Minahasa dan pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat, sedangkan anggota DPD Maya Rumantir diundang oleh Sekda Minahasa, sebut kaban Kesbang.

Sebelum penandatangan perjanjian damai dilaksanakan, acara diawali dengan ibadah natal bersama antara Pemerintah Sulawesi Utara, Pemerintah Papua dan Papua Barat di Auditorium Universitas Negeri Manado yang ada di Tondano. Ibadah natal dipimpin oleh ketua sinode GMIM pdt. H.W.B. Sumakul. Turut hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Utara Dr. Sinyo Harry Sarundajang, forkompimda bersama para pejabat eselon 2, Gubernur Papua dan papua barat bersama rombongan yang berjumlah sekitar 80 orang serta masyarakat Tataran dan mahasiswa Papua yang menuntut ilmu dibumi nyiur melambai, apa terlebih mahasiswa yang sedang kuliah di UNIMA. Acara penandatanganan perjanjian damai tersebut berjalan dalam suasana yang sangat damai dan penuh kekeluargaan.

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Rolling Eselon II, Lenda Pelealu Jabat Kadisparbud,Hendrik Waroka As II

Senin (7/8) Sore tadi bertempat di Ruangan (Sekda) Sekertaris daerah Kota Manado ,di bawah kepemimpinan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: