Home » News » Politik & Pemerintahan » Ketua TP PKK Kota Manado Kembali Gelar Sosialisasi GERMAS

Ketua TP PKK Kota Manado Kembali Gelar Sosialisasi GERMAS


Manado.- Kesehatan adalah hak dasar bagi setiap manusia, sehingga harus terus diperjuangkan peningkatan kualitasnya. Demikian di Kota Manado merupakan modal dasar dalam membangun Sumber Daya Manusia masyarakat yang kreatif dan inovatif serta mampu menjadi penguatan peran kota sebagai smart city.

Hal inipun menjadi perhatian besar Ketua TP PKK Kota Manado, Prof. DR. Julyeta PA Lumentut – Runtuwene, MS, DEA, Sabtu (07/03) kemarin, kembali melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), salah satu program Kementerian Kesehatan.

Bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Manado juga Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, kegiatan kali ini digelar di Kelurahan Kombos Timur, Kecamatan Singkil, yang bertempat di halaman GMIM Eben Haezer Kombos Timur.

GERMAS adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.
Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni. Ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat.

“Mari torang samua biasakan pola hidup sehat dengan mengikuti 7 bentuk kegiatan GERMAS, yaitu melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban,” ujar Ketua PMI kota Manado ini.

Adapun tujuan dari GERMAS ini adalah kesehatan lebih terjaga, hidup lebih produktif, lingkungan menjadi bersih, dan biaya berobat berkurang.

“Secara umum, tujuan GERMAS adalah menjalani hidup yang lebih sehat. Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah lingkungan yang bersih dan sehat serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit,” ujar Rektor Unima ini kembali.

Dalam sosialisai ini, juga didampingi Kadis Sosial-PM Kota Manado Sammy Kaawoan, Sekretaris Dinkes Kota Manado Marini Kapojos, Camat Singkil Zainal Naway, TP-PKK dan PMI Kota Manado.

Promo Daihatsu Manado 2018

Tentang Reby

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Memulai Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja, BPK Perwakilan Sulut Gelar Entry Meeting Bersama BSG

SULUT – Dalam rangka menjalankan tugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara yang dilakukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: