Home » Opini » Inspirasi » Kenapa Anda Harus Berhenti Merokok?
Rental Mobil Murah di Manado

Kenapa Anda Harus Berhenti Merokok?

Menurut The US Surgeon, berhenti merokok merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan untuk memperpanjang usia harapan hidup dan meningkatkan kualitas kehidupan. Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah alias hal yang sulit, tetapi anda dapat melakukannya. Untuk bisa berhenti merokok ada beberapa hal yang harus anda ketahui yakni apa sebenarnya yang anda hadapi, apa pilihan anda dan dimana anda bisa mencari bantuan. Jadi, mengapa begitu sulit untuk berhenti merokok? Jawabannya adalah nikotin.

Nikotin adalah obat yang ditemukan secara alami dalam tembakau. Nikotin merupakan zat adiktif seperti heroin atau kokain sehingga seseorang akan menjadi tergantung secara fisik dan emosional atau kecanduan dengan nikotin sehingga seolah-olah anda akan sulit untuk bisa jau dengan yang namanya nikotin. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa perokok harus berurusan dengan ketergantungan fisik dan mental untuk bisa berhenti merokok

Bagaimana nikotin bekerja?
Ketika anda menghisap rokok, nikotin masuk ke dalam paru-paru. Nicotin akan cepat diserap ke dalam aliran darah dan membawanya ke seluruh tubuh perokok. Bahkan yang lebih parah, nikotin yang dihirup dalam asap rokok akan mencapai otak lebih cepat dibandingkan obat yang masuk ke tubuh melalui pembuluh darah (intravena atau IV).Nikotin yang telah masuk kedalam tubuh bisa mempengaruhi banyak bagian tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah, hormon, bahkan otak anda.

kenapa harus berhenti merokok
Image from: merdeka.com

Mengapa Anda Harus Berhenti Merokok?

1. Kesehatan Anda
Kesehatan tentulah merupakan faktor yang paling penting bagi orang yang akan berhenti merokok karena merokok bisa merusak hampir semua organ tubuh. Kebanyakan dari orang yang terus merokok akan berakhir dengan kematian akibat penyakit yang berhubungan dengan merokok. Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, merokok mengakibatkan 1 dari 5 kasus kematian, dan sekitar 8,6 juta orang perokok menderita penyakit paru-paru dan penyakit jantung. Selain itu ada beberapa penyakit yang bisa timbul akibat kebiasaan merokok seperti :
– Kanker
– Penyakit paru-paru
– Serangan jantung
– Stroke
– Penyakit pembuluh darah
– Kebutaan dan masalah lainnya seperti usia harapan hidup berkurang

2. Biaya
Selain karena alasan kesehatan, alasan lain yang harus dipikirikan kenapa anda harus berhenti merokok adalah masalah biaya. Merokok itu merupakan sebuah aktifitas yang mahal. Anda bisa hitung sendiri berapa biaya yang anda habiskan selama setahun hanya untuk merokok. Jika dalam satu hari anda menghabiskan 2 bungkus rokok (asumsinya 1 bungkus rokok seharga Rp 10.000) berarti dalam sebulan (30 hari) anda menghabiskan sekitar Rp 600.000 dan dalam setahun (365 hari) Rp. 7.300.000 Bagaimana jika anda menghabiskan lebih dari 2 bungkus dan harga rokok/bungkus lebih mahal? Silahkan anda hitung sendiri berapa banyak uang yang anda bakar.

3. Kesehatan orang lain terganggu
Merokok tidak hanya membahayakan kesehatan anda sendiri tetapi juga dapat merugikan kesehatan orang di sekitar Anda. Wanita yang merokok selama masa kehamilan lebih mungkin akan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah. Bayi dan anak-anak dibesarkan dalam rumah tangga yang bapak/ibu perokok akan lebih mudah terserang penyakit seperti infeksi, pilek, bronkitis, dan masalah dengan pernapasan dibandingkan dengan anak yang hidup dalam keluarga yang tidak merokok. Asap rokok juga dapat menyebabkan iritasi pada mata, sakit kepala, mual, dan pusing.

4. Jadilah teladan
Jika Anda memiliki anak, anda tentunya ingin memberi contoh yang baik bagi mereka. Ketika ditanya,
hampir semua perokok mengatakan mereka tidak ingin anak-anak mereka untuk merokok. Tapi anak-anak yang orang tuanya merokok lebih mungkin untuk mulai merokok sendiri alias meniru aktifitas yang dilakukan oleh orang tuanya. Anda bisa menjadi teladan bagi anak-anak anda dengan tidak melakukan hal-hal negatif seperti berhenti merokok.

Masih Bertanya Kenapa Anda Harus Berhenti Merokok Sekarang Juga ?

Tidak peduli berapa usia anda atau sudah berapa lama anda merokok, berhenti merokok dapat membantu anda untuk bisa hidup lebih lama dan lebih sehat. Orang yang berhenti merokok sebelum usia 50 memotong resiko kematian dalam 15 tahun berikutnya dibandingkan dengan mereka yang terus merokok. Orang yang tidak merokok akan menikmati kualitas hidup yang lebih baik dibanding mereka yang masih terus merokok. Disamping itu orang yang tidak merokok lebih sedikit terserang penyakit seperti pilek dan flu, bronkitis dan pneumonia, dan akan merasa lebih sehat dibandingkan orang yang masih merokok.

Manfaat yang akan anda dapatkan ketika berhenti merokok

– Detak jantung dan tekanan darah darah akan normal.
– Karbon monoksida dalam darah anda akan turun ke normal
– Sirkulasi darah membaik dan fungsi paru-paru akan meningkat
– Batuk-batuk dan sesak napas akibat merokok akan berkurang
– Risiko terserang penyakit kanker berkurang
– Risiko kematian akibat penyakut paru-paru akan berkurang dibanding mereka yang masih merokok
– Dan berbagai manfaat lainnya seperti berkurangnya pengeluaran untuk membeli rokok sehingga uang tersebut bisa anda gunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat

Jika anda ingin mengetahui bagaimana caranya berhenti merokok, dan bagaimana caranya mengobati ketergantungan akibat kebiasaan merokok yang sudah berlangsung lama anda bisa membaca panduannya disini (dalam bahasa Inggris)

Sayangi hidup anda, sayangi orang disekitar anda dengan berhenti merokok mulai sekarang juga. Jika anda adalah orang tua, jadilah teladan ditengah kehidupan keluarga anda apa terlebih bagi anak-anak dirumah. Jika anda adalah seorang anak yang masih sekolah/kuliah, pergunakanlah uang pemberian orang tua anda untuk hal-hal yang lebih posistif bukannya anda membakar uang pemberian orang tua yang didapatkan dengan kerja keras. Jadi buat warga Sulawesi Utara, tak ada alasan untuk berhenti merokok sekarang juga kan?

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Panik

Panik…… Seorang karyawan yang sedang bermasalah, tiba-tiba dipanggil oleh  bos-nya. Selama beberapa detik, tatkala mendapat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: