Home » Citizen Journalism » Kawanua Blogger Rajin Belajar SEO
Rental Mobil Murah di Manado

Kawanua Blogger Rajin Belajar SEO

Kawanua_Blogger_belajar_SEO

*Foto: Para Blogger saat sharing teknik-teknik SEO, dibawakan oleh Bryan Sumilat  (kiri depan foto)

ManadoKawanua Blogger rajin belajar SEO, demikian judul yang saya pilih untuk tulisan saya kali ini. Betapa tidak, untuk sukses di dunia internet marketing maka menguasai teknik Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah keharusan. Bagaimana Anda sudah susah-susah membangun sebuah Blog atau website dengan web layout  atau tata letak yang super duper cetar membahana tapi ternyata hanya sedikit orang atau bahkan tidak ada orang yang melihatnya. Mungkin saya berlebihan dengan mengatakan tidak ada orang.

Tapi memang jika Anda membangun laman web tanpa memberitahukan siapapun kalau ada laman tersebut, maka laman itu tidak akan dilihat orang. Beda halnya jika Anda menguasai teknik SEO, tanpa Anda bilang-bilang pun laman Anda akan didatangi pengunjung, tanpa diundang pun mereka akan datang. Kenapa? Karena mesin pencari yang akan menemukan laman web/Blog Anda, dan dia akan memberikan informasi kepada banyak sekali orang dari berbagai penjuru dunia untuk datang ke laman web/Blog Anda.

Kebutuhan mendasar seorang Blogger, selain makan, adalah Blognya dibaca oleh orang lain. Istilah kerennya, aktualisasi diri. Perkumpulan Blogger-Blogger yang ada di Sulawesi Utara, kota Manado khususnya sudah lama membahas dan mempelajari akan teknik ini, dan siang tadi kembali didiskusikan di kopi darat (kopdar) Kawanua Blogger yang dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan barang-barang IT di kota Manado.

Tujuannya, selain berbagi jurus-jurus baru tentang SEO pada sesama Blogger ‘senior’ juga menularkan elmu pamungkas ini kepada teman-teman Blogger yang newbie (istilah prokem bagi orang baru belajar), baru mengenal atau baru mau belajar tentang Blog, dan juga bagaimana meraih jutaan rupiah dari Blog. upsss… apa saya bilang jutaan rupiah!?

Ia, kenapa Kawanua Blogger rajin belajar SEO? Karena salah satu daya tarik Blog selain untuk aktualisasi diri, adalah bisa membuka peluang berbisnis menggunakan media internet. Ketika pemerintah bingung dan sibuk dengan banyaknya tingkat pengangguran di masyarakat, para Blogger juga sebenarnya sibuk menciptakan lapangan kerja, akan tetapi untuk saat ini memang belum terlalu ‘diperhatikan.’

Menjadi rahasia umum di kalangan Blogger, ada Blogger yang bisa mendapatkan puluhan sampai ratusan juta dari Blog mereka. Akan tetapi sama dengan di dunia nyata, untuk bisa sukses berbisnis di dunia internet butuh kerja keras, fokus, investasi waktu dan dana yang hampir sama jika Anda membuat usaha di dunia nyata.

Terus bedanya apa? Apa untungnya bagi saya berbisnis di internet? Jawabannya adalah: Indonesia merupakan pasar potensial tapi masih sangat sedikit pelaku bisnis internet yang mengerti internet. VOA memberitakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia. Sampai dengan akhir 2012, pengguna Internet mencapai 63 juta (sekitar 25 persen penduduk), menempati delapan besar dunia dan nomor empat terbesar di Asia. Silahkan Anda membayangkan kenapa Blogger gencar belajar menguasai teknik SEO, dan itulah mengapa Kawanua Blogger rajin belajar SEO.

banner-natal-pemprov1024

Tentang Garadus Franklin

Menjadi Narablog atau Blogger sejak 2004 memberikan ruang untuk saya berkarya melalui tulisan di media internet. Saya Tidak jago menulis, tapi saya terus belajar untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi.

Lihat juga

BNN Evaluasi Progres Asesor Narkoba Se-Sulut

SEPUTAR SULUT. Manado – Selamatkan anak cucu kita dari bahaya NARKOBA Badan Nasional Narkotika Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: