Home » Lifestyle » Kaki Manusia Rumah Dari 100 Lebih Jamur
Rental Mobil Murah di Manado

Kaki Manusia Rumah Dari 100 Lebih Jamur

ratusan_jamur_tumbuh_di_kakiPara ilmuwan telah menemukan bahwa ada hampir 200 jenis jamur yang hidup di kaki kita. Jamur Sebenarnya dapat hidup di seluruh bagian tubuh manusia, tetapi yang jadi tempat favorit mereka adalah di bagian tumit, di bawah kuku dan di antara jari kaki, demikian menurut sebuah studi di Amerika Serikat. Pemetaan tempat hidup jamur di tubuh manusia dapat membantu mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh jamur pada kulit. Secara alami jamur memang dapat hidup di kulit manusia dan tidak berbahaya, namun jika jamur tersebut mulai berkembang biak dan bertambah banyak, bisa menyebabkan infeksi.

“Intinya adalah kaki Anda penuh dengan keanekaragaman jamur, jadi pakailah sandal jepit di kamar ganti Anda jika Anda tidak ingin mencampur jamur di kaki Anda dengan jamur dari kaki orang lain.” – Dr. Julia Segre, dari National Institutes of Health, US.

Dalam sebuah penelitian di Amerika, para peneliti mengkategorikan berbagai jenis kelompok jamur yang berbeda yang hidup di tubuh manusia dewasa yang sehat. Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh National Human Genome Research Institute di Bethesda, Maryland, mengurutkan DNA dari jamur yang hidup di 14 daerah kulit yang berbeda, pada tubuh 10 orang dewasa sehat yang diteliti. Sampel diambil dari saluran telinga, antara alis, belakang kepala, di belakang telinga, tumit, kuku, antara jari kaki, lengan, punggung, pangkal paha, hidung, dada, telapak, dan lekukan siku.

Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti mendapat data yang mengungkapkan ada bermacam-macam jamur di seluruh tubuh manusia. Habitat jamur yang paling kompleks adalah di tumit,  itu merupakan rumah bagi sekitar 80 jenis jamur. Para peneliti juga menemukan ada sekitar 60 jenis jamur di dalam potongan-potongan kuku, serta ada 40 jenis di antara jari-jari kaki.

Tempat favorit lainnya dari para jamur ada di telapak, lengan bawah dan siku dalam. Cakupan Jamur-jamur tersebut di setiap lokasi mulai 18 sampai 32 jenis. Sementara untuk bagian batang leher dan rambut di kepala hanya dihidupi oleh dua sampai sepuluh jenis jamur.

“Dari penelitian yang dilakukan, kami mendapatkan informasi dasar tentang kelompok kehidupan yang sebelumnya tidak pernah kita perhatikan.” kata Dr Julia Segre, sebagai pemimpin penelitian. “Intinya adalah kaki Anda penuh dengan keanekaragaman jamur, jadi pakailah sandal jepit di kamar ganti Anda jika Anda tidak ingin mencampur jamur di kaki Anda dengan jamur dari kaki orang lain.”

Infeksi jamur pada kulit:

  • Infeksi jamur yang umum dan termasuk ‘athlete’s foot,’ kurap dan ‘yeast infection’ atau jamur yang disebabkan oleh jamur dari species candida (heavenlyblush.com).
  • ‘Athlete’s foot’ adalah infeksi jamur yang mempengaruhi kulit atas kaki dan di antara jari kaki, juga disebut Tinea pedis, menyebabkan kulit terkelupas, kemerahan, gatal, terbakar, dan kadang-kadang lecet dan luka.
  • Infeksi jamur kuku mempengaruhi sekitar tiga dari setiap 100 orang di Inggris.
  • Gejala yang paling umum dari infeksi jamur kuku adalah kuku menjadi menebal dan berubah warna. dapat berubah putih, hitam, kuning atau hijau.

*Sumber: BBC Health.

 

banner-natal-pemprov1024

Tentang Garadus Franklin

Menjadi Narablog atau Blogger sejak 2004 memberikan ruang untuk saya berkarya melalui tulisan di media internet. Saya Tidak jago menulis, tapi saya terus belajar untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi.

Lihat juga

Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi

Cara Mudah Mengajarkan Anak Sikat Gigi

Tidak sulit mengajarkan anak sikat gigi. Asal orangtua rutin memberi contoh maka anak akan mengikuti. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: