Home » News » Press Release » Jurnalis Harus Menjaga Idealisme
Rental Mobil Murah di Manado

Jurnalis Harus Menjaga Idealisme

Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang secara resmi membuka kegiatan Konferensi Jurnalis Televisi Asia Pasifik
Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang secara resmi membuka kegiatan Konferensi Jurnalis Televisi Asia Pasifik | Foto: Humas Prov Sulut

Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang secara resmi membuka kegiatan Konferensi Jurnalis Televisi Asia Pasifik, Jumat 10 Oktober 2014 bertempat di Gran Kawanua Convention Center. Acara yang di prakarsai oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) dihadiri oleh ratusan jurnalis televisi se Indonesia serta beberapa perwakilan Jurnalis yang berasal dari negara tetangga seperti Australia, Filipina, Korea dan beberapa negara lainya.

Gubernur Dr. Sinyo Harry Sarundajang memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan bertaraf internasional yang dilaksanakan di kota Manado. Pada kesempatan tersebut, Sarundajang mengingatkan kepada seluruh Jurnalis yang hadir agar dapat menjaga idealisme dan bisa memanfaatkan kebebasan pers untuk membangun bangsa dan kedamaian dunia.

Menurut Sarundajang, belajar dari pengalamannya selama memimpin dua daerah konflik di Maluku dan Maluku Utara, bantuan yang diberikan jurnalis sangat penting dalam menciptakan perdamaian, karena jurnalis memberikan informasi yang aktual bagi masyarakat tentang apa yang sebenarnya terjadi dilapangan. Peran jurnalis memang begitu berat, berbagai tantangan dilapangan membuat para jurnalis harus berjuang memberikan informasi yang cepat. Oleh karena itu, Sarundajang berharap para jurnalis yang tergabung dalam Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia dapat memberikan sumbangsi bagi pembangunan Indonesia dengan memberikan masukan apa terlebih bagi pemerintah yang baru nanti, karena salah satu fungsi pers ialah sebagai kontrol sosial. Karena itu, peran jurnalis sangat stratgis dalam menjaga stabilitas negara Indonesia.

Kepada seluruh peserta yang mengikuti konferensi selama tiga hari di Manado, Gubernur berharap para peserta dapat menikmati keindahan alam dan budaya yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. dengan memanfaatkan waktu untuk belajar dan menggali segala potensi yang ada di Sulawesi Utara apa terlebih Provinsi Sulawesi Utara telah menjadi satu daerah yang berhasil menjaga pluralisme. Pada kesempatan tersebut, Gubernur mendapatkan penghargaan berupa Plakat dari IJTI Maluku, mengingat peran besar Sarundajang di waktu itu dalam mendamaikan Maluku.

Ditempat yang sama, dalam sambutannya Ketua IJTI pusat Yadi Hendriana menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah provinsi Sulawesi Utara yang telah banyak memberikan bantuan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Lebih lanjut menurut beliau, kegiatan yang akan digelar selama tiga hari di kota Manado ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan Manado. Adapun tujuan lain dilaksanakannya kegiatan antar jurnalis ini adalah untuk mengukuhkan lahirnya Asosiasi Jurnalis Televisi Asia Pasifik yang saat ini masih merupakan “bayi” organisasi jurnalis televisi regional (Humas Prov Sulut)

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

Menpora RI, “Mahasiswa UNIMA Harus Jaga NKRI”

MANADO –  Kampus Universita Negeri Manado kedatangan Menpora RI.  Menpora memeberikan kuliah umum berjudul peran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: