Home » News » Inilah Rute Prosesi Cap Go Meh di Manado
Rental Mobil Murah di Manado

Inilah Rute Prosesi Cap Go Meh di Manado

Klenteng Ban Hing Kiong
Klenteng Ban Hing Kiong di Manado. (foto:dokumen pribadi veronica kumurur)

MANADO—Rute prosesi Cap Go Meh di Manado tahun 2013 tak jauh berbeda dengan tahun 2012 lalu. Menurut Ketua Panitia Jemmy Rumengan start diawali di depan Klenteng Ban Hing Kiong menuju Simpang Lima (kawasan Tek Holong). Selanjutnya mengitari jalan Sasuit Tubun, masuk Jalan Serimpi dan terus menuju kawasan Plaza Manado. Kirab kemudian berjalan menuju kawasan Jalan Roda dan balik lagi ke TITD Ban Hing Kiong. “Rutenya model kupu-kupu,” katanya. Kalau pun ada perubahan, dikatakan Ketua PTITD ini kemungkinannya kecil.

Menariknya, perayaan Cap Go Meh Minggu (24/2) kali ini diikuti oleh semua Klenteng dan 8 Tang Sin akan beraksi. “Kami semua bergembira karena perayaan Cap Go Meh disetujui,” ungkap Ketua TITD Ban Hing Kiong Jemmy Binsar.  Selain delapan Tang Sin, prosesi akan diikuti  belasan Kio.  “Umat telah harus mempersiapkan hati dan mental rohani untuk mengikuti prosesi ini,” terangnya.

Seperti tahun sebelumnya, ritual ini juga akan dimeriahkan dengan Tarian Kabasaran. Termasuk atraksi kesenian lokal. “Ini menunjukkan bahwa Manado adalah kota yang menghargai kemajemukan,” tuturnya. Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang, Walikota Manado Dr GSV Lumentut dan unsur muspida bakal hadir. (the)

banner-natal-pemprov1024

Tentang Lexi Mantiri

Wartawan

Lihat juga

Bawaslu Bisa Batalkan Calon Kepala Daerah Yang Melanggar Aturan

RATAHAN (SeputarSulut.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut menggelar sosialisasi pemilih partisipatif menyongsong Pilkada 2018. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: