Home » Events » IKM Unsrat Siap Berinovasi Dorong Percepatan Pembangunan Sulut
Rental Mobil Murah di Manado

IKM Unsrat Siap Berinovasi Dorong Percepatan Pembangunan Sulut

Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado, Selasa, (06/05) melakukan seminar tentang “Inovasi Praktek Cerdas Basics Bidang Kesehatan”. Seminar ini menghadirkan John P. Duff, selaku Deputy Project Director dalam Program BASICS – Program Kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri RI dengan Pemerintah Kanada.

Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan perlunya pemanfaatan pemetaan digital yang dapat menampilkan data kesehatan sehingga lebih mudah dipahami oleh para pengambil kebijakan. “Dengan cara seperti ini, kami dapat menunjukkan dengan mudah kepada para eksekutif dan legislatif lokal, tentang gambaran real jarak yang harus ditempuh oleh seorang ibu hamil menuju fasilitas kesehatan. Lihat beberapa lembah dan gunung yang harus dilewati dari cara seperti ini,” imbuhnya John sambil menunjuk tampilan google earth.

Selanjutnya Ferry Junifer memaparkan contoh sukses program BASICS di Buton Utara, Sulawesi Tenggara dan Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. “Di Buton Utara, kami berhasil mengadvokasi pemerintah setempat untuk dapat membantu pasien tidak mampu dibiayai transportasi mereka”.

Beliau menjelaskan bahwa biaya kesehatan biasanya sudah tercakup dalam BPJS Kesehatan, namun tidak demikian dengan biaya perjalanannya. Dengan model seperti ini, angka kematian ibu yang biasanya disebabkan oleh rendahnya kunjungan ke fasilitas kesehatan, kini tidak pernah lagi terjadi di daerah tersebut. Lain hanya dengan Kabupaten Kepulauan Sitaro, dimana tenaga kesehatan yang ditempatkan disana tidak betah untuk bertugas di lokasi.

Program BASICS melakukan pelatihan kepada masyarakat lokal, karena diniliai lebih paham budaya dan situasi masyarakat setempat. Berdasarkan evalusi BASICS hasilnya sangat memuaskan, sehingga masalah minimnya tenaga kesehatan dapat diminimalisir. “Setiap inovasi harus in-line dengan pemerintah lokal, agar keberlanjutan program tetap terlaksana,” tegas Ferry.

Pada hari yang sama, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat melanjutkan dengan Seminar “Integrated Development Special Economic Zone Bitung”. Seminar yang dilakukan pukul 17.00 WITA masih dipenuhi dengan ratusan peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan dosen Unsrat. Seminar ini menghadirkan Budi Arsil selaku General Manager PT. Brantwood International yang memaparkan tentang mega-proyek pembangunan industri farmasi di Sulawesi Utara.

“Konsep pharma-park akan terintegrasi dalam kawasan bisnis, ini menjadi model pertama di Indonesia,” imbuhnya Budi. Beliau juga menambahkan bahwa pembangunan perusahaan farmasi ini akan mendorong kemandirian farmasi nasional, secara khusus Sulawesi Utara. “Hampir 96 persen sumber farmasi kita masih impor, oleh karena itu kami berupaya mendayagunakan potensi lokal sebagai bahan baku farmasi,” tegasnya.

Dalam seminar ini, Direktur Harian BP KAPET Manado – Bitung, Noldy Tuerah, PhD juga menegaskan bahwa perlunya kerjasama dunia akademisi dengan dunia industri. “Hal ini akan turut mendorong sektor industri juga ada dorongan dari dunia kampus, oleh karena kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Program Ilmu Kesehatan Masyarakat yang mampu melihat peluang ini untuk menjalin kerjasama,”.

Grace KandouProf. Dr. dr. Grace Kandou selaku ketua Prodi IKM Unsrat menambahkan bahwasanya Universitas Sam Ratulangi senantiasa mendukung upaya inovasi demi pembangunan ekonomi demi kemaslahatan masyrakat. “Rangkaian seminar ini merupakan inisiasi dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi, dan EO-Unique,” tutup Dr. Magdalena Wullur selaku ketua panitia kegiatan.

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

HUT 72 PMI di Manado Meriah

MANADO –  Wagub SK Ikut Jadi Peserta, Ketua PMI Manado Prof Paula Lepas Sepeda Santai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: