Home » News » Straigh News » Icip-Icip Kuliner di Malaysia, Unik-Unik dan Tentunya Lesat
Rental Mobil Murah di Manado

Icip-Icip Kuliner di Malaysia, Unik-Unik dan Tentunya Lesat

sumber:templeofthai.com

Bicara tentang kuliner, Malaysia memiliki makanan yang jenisnya tidak jauh beda dengan Indonesia. Beberapa bahkan punya nama yang sama, atau setidaknya mirip satu sama lain. Namun ada juga yang hanya mirip secara bentuk, akan tetapi berbeda cara masaknya.

Sama seperti Indonesia pula, kuliner di Malaysia banyak dipengaruhi oleh Negara lain. Di sana ada masakan khas yang masih berbau China, India, Korea, dan tentunya Indonesia, tepatnya Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi yang jaraknya berdekatan dengan Malaysia dan dekat secara kesukuan.
Kalau sedang jalan-jalan ke Malaysia, kuliner apa saja sih yang wajib dicicip? Simak di sini yuk…

Nasi Kerabu

Pernah makan nasi berwarna biru? Nasi Kerabu dikenal karena warna nasinya yang kebiruan! Asal warna ini adalah dari kelopak bunga yang dimasukkan ketika nasi dimasak, jadinya warnanya cantik sekali dan bikin penasaran.

Biasanya, nasi kerabu dihidangkan bersama ikan kering, sayur-sayuran, telur asin, sambal, ayam, kerupuk dan bahan pelengkap lainnya. Mirip nasi campur di Indonesia, tapi dengan warna nasi yang berbeda.

Sayangnya, sekarang mencari nasi kerabu yang berwarna biru sudah sulit. Kebanyakan resto menyediakan nasi putih biasa atau nasi hitam, atau nasi merah sebagai ganti warna biru.

Ayam Percik

sumber:singaporelocalflavoures.com

Bisa dibilang makanan ini sejenis dengan ayam bakar, dengan bumbu dari berbagai rempah. Di Malaysia, ada dua jenis ayam percik yang terkenal, yaitu ayam percik Kelantan dan Trengganu. Dua-duanya sama lezatnya, namun memiliki rasa yang berbeda meski penampilannya sama.

Indian Rojak

Berbeda dengan rujak ala Jawa Timur yang memakai petis, meski bernama mirip namun Indian Rojak memiliki isi dan bumbu yang berbeda. Makanan ini juga dikenal dengan nama pasembur atau salad India. Isinya, timun, kentang, udang goreng yang disiram dengan bumbu kacang manis dan bawang. Rasanya unik, dan tidak akan kamu temui di Indonesia.

Laksa

Mie ini selalu jadi favorit para wisatawan yang datang ke Malaysia karena rasanya yang unik. Makanan ini mirip dengan kuliner di Sumatera, namun laksa dari Malaysia tetap memiliki perbedaan bumbu. Kuah mie ini terbuat dari santan, dengan topping bermacam-macam, salah satunya telur rebus. Yummy banget.
Apam Balik

sumber:myasiankitchenny.com

Kalau di Indonesia, makanan ini disebut martabak manis tipis. Bentuknya memang mirip, namun apam balik dibuat dari adonan pancake, lalu diisi dengan berbagai topping manis, kemudian dilipat dan ditaburi gula bubuk. Sudah terasa manisnya dari sini kan?

Char Kway Teow

Di Indonesia, makanan ini dikenal dengan nama kwetiaw. Cara memasaknya pun mirip, digoreng dan diberi bumbu tertentu. Namun Char Kway Teow ala Malaysia mengandalkan isian yang beragam dan sebagian besar adalah seafood. Biasanya yang paling banyak dipakai adalah udang, bakso ikan, kerang, kucai dan tauge. Hmm, nampak lezat.

Sudah bikin kepengen semua kan kuliner ala Malaysia di atas? Semuanya mudah dijumpai di manapun di Malaysia kalau kamu liburan di sana. Harganya pun terjangkau, seperti tiket Malaysia Airlines yang murah banget.

Sebagai maskapai terbaik Malaysia, Malaysia Airlines adalah pilihan sempurna untuk membawamu ke sana. Begitu turun dari Malaysia Airlines, kamu bisa langsung menuju tempat-tempat wisata kuliner ternama seperti kawasan Bukit Bintang.

Liburan dengan Malaysia Airlines juga pasti hemat di kantong, jadi sisa budget liburanmu bisa dipakai buat wisata kuliner Malyasia sebanyak mungkin. Pulang kenyang pokoknya!

banner-natal-pemprov1024

Tentang Reby

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

PeDa Meriahkan Fashion Show Kaeng Manado

MANADO –  Untuk memeriahkan dan mengsukseskan Manado Fiesta 2017, Dinkes, Bagian Keuangan dan Kecamatan Singkil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: