Home » News » Politik & Pemerintahan » HADIRKAN POLRES DAN KAJARI DINAS PMD GELAR PELATIHAN BANTUAN HUKUM PARALEGAL DESA SE-MINSEL
Rental Mobil Murah di Manado

HADIRKAN POLRES DAN KAJARI DINAS PMD GELAR PELATIHAN BANTUAN HUKUM PARALEGAL DESA SE-MINSEL


Minsel,seputarsulut.com— Kegiatan Pelatihan Bantuan Hukum Paralegal Desa yang berlangsung di Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan, mendapat respon positif dari warga masyarakat.
Kegiatan ini disponsori oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), bekerja sama Polres dan Kajari Minsel, Rabu (8/5/2019).

Menjadi perhatian menyangkut pengelolaan keuangan desa, sehingga berbagai pihak mencermati perlu diadakan pelatihan agar masyarakat dapat mengetahui prosudur hukum dalam upaya pencegahan secara preventif, bekerja sama pihak Kapolres dan Kajari.

Fungsi kontrol pengawasan menjadi penting, dan selama ini pemahaman pengelolaan keuangan desa hanya terbatas kepada aparat desa saja. Dengan kegiatan sosialisasi bantuan hukum dan paralegal desa dengan sasaran tokoh masyarakat dan aparat desa, masyarakat akan memiliki kemampuan untuk mengawal dan mengawasi pengelolaan Dandes berdasarkan UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 pada masing-masing desa,” tutur Sekretaris Dinas PMD Altin Sualang.

Sualang juga menambahkan, bersama pihak kejaksaan negeri Amurang dan Polres Minsel. Jadwal digelar 13 desa di wilayah Kecamatan Sinonsayang, dengan pembagian dari Desa Poigar satu tempat pelatihan di Balai Desa, kemudian beralih di Ongkaw dua, selanjutbya pusatkan di Balai Desa Boyong Pante.Pelatihan Paralegal akan berlangsung sesuai jadwal di setiap Kecamatan dan Desa dii Kabupaten Minsel.”tambahnya.

Pada kegiatan ini, Kapolres Minsel AKBP FX Winardi, tampil sebagai pembawa materi, dengan suguhan tidak serta merta langsung melaporkan kejadian atau hanya sepihak, tapi perlu pemahaman jalur hukum semestinya,
Prabowo juga mengingatkan, Masyarakat dapat memberikan masukan kepada pemerintah desa melali lembaga BPD (Badan Permusyawaratan Desa) agar program tidak menjadi buyar, melainkan mencari solusi internal, Program desa dapat dilanjutkan sesuai yang di harapkan,” kata Kapolres.

Kepala Kejaksaan Negeri Minsel I Wayan Eka Miarta. Turut memberikan materi pada kegiatan pelatihan bantuan paralegal desa, bahwa, para peserta tokoh masyarakat, perangkat desa, dalam pemahaman tendensi pencegahan munculnya masalah hukum terkait masalah Dandes.
” Harus berdasarkan mekanisme hukum, ketika pengelolaan keuangan disalah gunakan atau fiktif, butuh pemeriksaan penyelidikan, namun harus jelas laporannya, tidak dengan rekayasa,” tegas Kajari.(Herman)

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Sekda Micler Lakat Pimpin Sertijab Kasat Pol PP Manado

Manado.- Mewakili Walikota Manado, Sekertaris Daerah Mikler Lakat, SH, MH menyerahkan Petaka Satpol PP kepada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: