Home » News » Straigh News » Hadiri Perayaan ‘Tulude’ di GMIBM Efrata Poigar, Karinda: Budaya Jalin Persaudaraan
Rental Mobil Murah di Manado

Hadiri Perayaan ‘Tulude’ di GMIBM Efrata Poigar, Karinda: Budaya Jalin Persaudaraan

SULUT – ‘Tulude’ merupakan hajatan tahunan warisan para leluhur masyarakat Nusa Utara (Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro) di ujung utara Provinsi Sulawesi Utara.

Ketua Jemaat GMIBM Efrata Poigar, Ibu Pendeta Martina Elisabet Taiwilang bersama masyarakat asli Kepulauan Sangihe yang ada di Desa Poigar, Kabupaten Bolaang Mongondow turut merayakan hajatan tahunan ‘Tulude’ di GMIBM Efrata Poigar.

Dengan bertemakan “Lewat Perayaan Tulude Kita Mantapkan Persatuan Dalam ke-Bhinekaan”, “Tulude” ini di laksanakan Kamis (31/01) pukul 11.00 Wita, dan dihadiri Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara, James Karinda.

Saat diwawancarai awak media usai kegiatan, Karinda menjelaskan kegiatan ini sangat bagus dan positif sekali untuk peningkatan kebudayaan, apalagi Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow sangat mensupport.

“Pemprov dan Pemkab memberikan suport, torang lia tadi Pemkab memberikan suport penuh atas kegiatan ini. Karena kebudayaan ini penting, kalau kebudayaan torang mampu pertahankan, itu akan jadi jati diri masyarakat untuk bersatu baku-baku bae akan selalu terjaga dari kebudayaan itu, apalagi bertumbuh dari Gereja, bertumbuh dari pelayanan Gereja,” ujar Karinda.

Ditambahkan Karinda, torang lia depe contoh tadi, yang jadi Ketua Panitia orang Minahasa, bukan orang Sanger, tapi jalinan persekutuan itu penting.

“Saya sebagai Ketua Komisi IV yang membidangi Pariwisata dan Kebudayaan berharap kegiatan seperti ini akan di support terus oleh Pemerintah karena ini menjalin kerukunan persaudaraan,” tambahnya.

Lebih lanjut Karinda berharap, kedepan lebih bagus lagi, karena dari kegiatan seperti ini menimbulkan generasi yang mampu mempertahankan. Jadi, anak-anak juga tahu budaya ini dan ini budaya persaudaraan, tapi juga ada makna pendidikan disini.

“Yang paling penting orang tua mampu menjaga budaya ini dan anak-anak juga ikut, tapi anak-anak juga harus menjaga pendidikan masa depan dia dari kebudayaan ini, karena kebudayaan itu menjaga kebaikan-kebaikan.” kunci legislator peraih penghargaan Forum Wartawan DPRD Sulut (FORWARD) Awards 2017 kategori ‘TERPOPULER’ ini.

(Ardybilly)

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Bupati Talaud Sry Wahyuni Manalip dijemput KPK

  Manado.- Menghebohkan dunia maya Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE terlihat dijemput …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: