Home » Sulawesi Utara » Geografi Sulawesi Utara
Rental Mobil Murah di Manado

Geografi Sulawesi Utara

Geografi Sulawesi Utara Peta sulawesi utara Geografi Sulawesi UtaraGeografi Sulawesi Utara. Provinsi Sulawesi Utara terletak di jazirah utara Pulau Sulawesi dan merupakan satu dari tiga provinsi di Indonesia yang memiliki keunggulan geoposisi, geostrategi, dan geopolitik serta terletak di tepian pasifik. Dua provinsi lainnya adalah Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Aceh. Dilihat dari letak geografis Sulawesi Utara terletak pada 0.30-4.30 Lintang Utara (Lu) dan 121-127 Bujur Timur (BT).

Geografi Sulawesi Utara

Kedudukan jazirah membujur dari timur ke barat dengan daerah paling utara adalah Kepulauan Sangihe dan Talaud. Wilayah kepulauan ini berbatasan langsung negara Tetangga Filipina. Wilayah Sulawesi Utara mempunyai batas-batas:

  • Utara : Laut Sulawesi, Samudera Pasifik, dan Filipina
  • Timur : Laut Mauluku
  • Selatan : Teluk Tomini
  • Barat : Provinsi Gorontalo

Gunung di Sulawesi Utara

Sebagian besar wilayah daratan Provinsi Sulawesi Utara terdiri dari pegunungan dan bukit-bukit diselingi oleh lembah yang membentuk daratan. Gunung-gunung terletak berantai dengan ketinggian di atas 1.000 dari permukaan laut. Beberapa gunung yang terdapat di Sulut yaitu Gunung Klabat (1.895 m) di Minahasa Utara, Gunung Lokon (1.579 m), Gunung Mahawu (1.331 m) di Tomohon, Gunung Soputan (1.789 m) di Minahasa Tenggara, Gunung Dua Saudara (1.468 m) di Bitung, Gunung Awu (1.784), Gunung Ruang (1.245 m), Gunung Karangketang (1.320 m), Gunung Dalage (1.165 m), di Sangihe dan Talaud, Gunung Ambang (1.689 m), Gunung Gambula (1.954 m) dan Gunung Batu Balawan (1.970 m).

Dataran Rendah dan Daratan Tinggi

Dataran rendah dan dataran tinggi secara potensial mempunyai nilai ekonomi bagi daerah. Beberapa dataran terdapat di daerah ini adalah: Tondano (2.850 ha), Langowan (2.381 ha), Modoinding (2.350 ha), di Minahasa, Tompaso Baru (2.587 ha), di Minahasa Selatan, Tarun (265 ha) di Sangihe, Dumoga (21.100 ha), Ayong (2.700 ha), Sangkub (6.575 ha), Tungoi (8.020  ha), Poigar (2.440 ha), Molibagu (3.260 ha), Bintauna (6.300 ha) di Bolmong dan Bolmut.

Danau dan Sungai

Danau-danau di daerah ini secara potensial mempunyai nilai ekonomi bagi pengembangan bidang kepariwisataan, pengairan dan energi. Danau-danau tersebut adalah Danau Tondano dengan luas 4.278 ha di Minahasa, Danau Moat seluas 617 ha di Bolaang Mongondow Timur.

Pada umumnya sungai-sungai dimanfaatkan untuk berbagai keperluan antara lain untuk irigasi juga sebagai sumber tenaga listrik dan sumber air minum. Sungai-sungai tersebut yakni Sungai Tondano (40 km), Sungai Poigar (54,2 km), Sungai Ranoyapo (51,9 km), Sungai Talawaan (34,8 km) di Minahasa. Sungai besar lainnya terdapat di Bolmong dan Bolmut yaitu Sungai Dumoga (87,2 km), Sungai Sangkub (53,6 km), Sungkai Ongkaw (42,1 km).

Pulau-pulau

Sulawesi Utara merupakan salah satu dari 7 provinsi kepulauan yang terdiri dari 258 pulau dan 11 di antaranya berbatasan langsung dengan negara Filipina dan Laut Pasifik. Secara administratif pulau yang termasuk wilayah Sulut yakni:

Kabupaten/Kota          Jumlah             Berpenghuni    Tidak Berpenghuni

Manado                       3                      3                      -

Bitung                         17                    1                      16

Bolmong                     17                    4                      13

Bolmut                        6                      -                       6

Minahasa Utara           19                    7                      12

Minahasa Tenggara     24                    3                      21

Minahasa Selatan        4                      -                       4

Kepulauan Talaud       16                    7                      9

Kepulauan Sangihe     105                  27                    78

Kepulauan Sitaro        47                    7                      40

Jumlah                         258                  59                    199

Tanjung dan Teluk

Di sepanjang pantai Sulawesi Utara, baik di pantai daratan utama maupun di pantai pulau-pulau, terdapat banyak tanah yang menjorok ke tengah laut (tanjung) dan perairan laut yang menjorok ke daratan (teluk). Beberapa tanjung yang cukup ternama adalah Tanjun Atep, Tanjung Pulisan, Tanjung Salimburung, Tanjung Kelapa di Minahasa. Tanjung Binta, Tanjung Dulang, Tanjung Flesko dan Tanjung Tanango di Bolmong. Sedangkan di Sangihe dan Talaud yakni Tanjung Binta, Tanjung Barurita, Tanjung Bulude, Tanjung Bunangkem, Tanjung Buwu dan Tanjung Esang.

Teluk-teluk yang cukup dikenal di wilayah ini antara lain, Teluk Amurang, Teluk Belang, Teluk Manado, Teluk Kema (Minahasa dan Manado), Teluk Tombolata, Teluk Taludaa dan Telung Bolaang (Bolmong), Teluk Manganitu, Teluk Peta, Teluk Miulu, Telak Dago dan Teluk Ngalipeang (Sangihe dan Talaud). Tanjung dan teluk dikenal sebagai tempat perdagangan dan wisata.

Struktur Tanah

Struktur tanah di Sulut berupa Latosol seluas 531.000 ha tersebar di beberapa wilayah antara lain: Tagulandang, Tamako, Manganitu, Kendahe, Tabukan Utara, Esang, Pineleng, Tomohon, Tombariri, Airmadidi, Kakas, Eris, Kombi, Tareran, Passi, Modayag, Pinolosian dan Bolaang. Struktur tanah aluvial seluas 75.000 ha tersebar di beberapa wilayah antara lain: Tabukan Tengah, Lirung, Likupang, Wori, Tombasian, Tenga, Tompaso Baru, Belang dan Tondano.

Struktur tanah regosol seluas 81.000 ha tersebar di beberapa wilayah antara lain, Gunung Klabat, Dua Saudara, Soputan serta Bitung Utara, Dimembe, AIrmadidi, Langowan, Tombasian, Tombatu dan Tumpaan. Struktur tanah andosol seluas 15.000 ha, tersebar di beberapa wilayah antara: di Tomohon, Kawangkoan, Tompaso, Langowan, dan Modoinding. Selain dari struktur tanah yang disebutkan, ada pula yang termasuk jenis tanah kompleks yang meliputi luas kurang lebih 76,5 persen dari luas seluruh Provinsi Sulawesi Utara sehingga daerah ini merupakan wilayah yang subur untuk pertanian.

Itulah gambaran kondisi Geografi Sulawesi Utara, sebuah provinsi yang berada di paling utara pulau Sulawesi yang dikaruniai dengan keindahan alam yang sungguh mengagumkan.

About Lexi Mantiri

Wartawan
Jasa Pembuatan Web Berkualitas di Manado