Home » News » Straigh News » Gempa Sulut 7,3….Tak Potensi Tsunami
Rental Mobil Murah di Manado

Gempa Sulut 7,3….Tak Potensi Tsunami

screenshot_2017-01-10-16-30-23-1
Kepsta Geofisika Manado, Erwin Slamet

MANADO -Hari Selasa, tanggal 10 Januari 2017 gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Laut Sulawesi. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 14:13:48 WITA dengan kekuatan M=7.3 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 4.44 LU dan 122.70 BT, pada kedalaman 618 km, dengan lokasi pusat gempa diperkirakan berjarak 322 km sebelah Barat Laut Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

 

Peta tingkat guncangan _(shake map)_ BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan cukup kuat di Kabupaten Sangihe, sebagian Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara dengan skala intensitas III SIG (III-IV MMI), guncangan juga dirasakan dengan skala intensitas I SIG (II-III MMI) di kota dan kabupaten lainnya di Sulawesi Utara, Gorontalo, Sebagian Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Di daerah-daerah yang disebutkan di atas, guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang. Untuk sementara belum ada laporan kerusakan dan korban.

 

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi, hingga laporan ini disusun pada pukul 15.00 WITA sudah terjadi aktivitas gempa bumi susulan sebanyak 1 kali. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

 

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini termasuk gempa bumi dalam akibat aktivitas tektonik intra-plate di zona transisi pada mantel bumi antara mantel atas dan mantel bawah di Laut Sulawesi.

 

Manado, 10 Januari 2017

 

Irwan Slamet, S.T., M.Si.

Kepala Stasiun Geofisika Manado

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

PeDa Meriahkan Fashion Show Kaeng Manado

MANADO –  Untuk memeriahkan dan mengsukseskan Manado Fiesta 2017, Dinkes, Bagian Keuangan dan Kecamatan Singkil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: