Home » News » Straigh News » DPRD Sulut Kritisi Anjloknya PAD
Rental Mobil Murah di Manado

DPRD Sulut Kritisi Anjloknya PAD

img-20160921-wa0029

SULUT – Dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Penyusunan Anggaran Daerah (TAPD), Selasa (20/09/2016) kemarin, DPRD Sulut menyoroti Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang merosot hingga Rp93,8 Miliar.

 

Menariknya, dalam pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan 2016, alasan Kepala Dinas Pendapatan (Dispenda) Sulut, Roy Marhaen Tumiwa terkait merosotnya PAD terus dimentahkan Anggota Banggar.

 

Dalam pembahasan tersebut, Tumiwa menerangkan PAD menjadi jatuh karena kondisi Ekonomi global, nasional dan regional, juga permasalahan lainnya, seperti di Sulut, kata Tumiwa, kemarau panjang yang mendera di tahun 2015 sangat mempengaruhi PAD.

 

“Karena itu mengganggu pendapatan masyarakat, hingga kemampuan masyarakat dalam membayar pajak serta daya beli mereka menurun,” tungkasnya.

 

Sementara itu, anggota Banggar, Edison Masengi menanggapi, bagaimana bisa kemarau panjang mengganggu PAD. “Pada 2013 lalu juga kemarau lebih panjang, tetapi PAD tetap stabil,” kritiknya.

 

Anggota Banggar, Ivonne Bentelu juga mengkritik alasan Tumiwa yang dinilainya tidak sangat relevan. Bahkan, Bentelu memberikan penjelasan lain terkait PAD yang menurun.

 

“Melihat dari kondisi saat ini, masyarakat Sulut sepertinya sudah lebih suka berinvestasi contohnya di berinvestasi di asuransi ketimbang menjadi masyarakat konsumtif,” jelasnya.

 

Sementara itu, Anggota Meiva Salindeho mengemukakan alasan yang seharusnya PAD Sulut stabil lebih khusus bisa meningkat lagi.

 

“PAD kabupaten/kota stabil, harusnya indikator tersebut berdampak positif ke provinsi, ini sepertinya belum jadi tahun hoki bagi Sulut,” tegas Mantan ketua DPRD Sulut ini. (Ardybilly)

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Timsel Bawaslu Sulut Cari Penyelenggara Pemilu Yang Berintegritas

MANADO –¬† Sejak dibentuk oleh BAWASLU RI, Tim seleksi calon BAWASLU Sulut bergerak cepat untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: