Home » News » Straigh News » DPRD Sulut, “Kami Peduli Pelestarian Waruga !!”
Rental Mobil Murah di Manado

DPRD Sulut, “Kami Peduli Pelestarian Waruga !!”

img-20161111-wa0003

SULUT – Komunitas Budaya Sulut Kamis, (10/11/2016) mendatangi Kantor DPRD Provinsi Sulut guna menyerukan aspirasi terkait penggusuran dan pengrusakan situs budaya (Waruga) di Kuwil, Kawangkoan Minut karena sehubungan adanya pembebasan lahan untuk suatu proyek pembangunan bendungan.

Para pegiat Budaya ini dipimpin oleh Lefrando Gosal, Rikson Childwan Karundeng, Fredy Wowor, Denni Pinontoan serta para budayawan muda mewakili Tomohon, Minsel, Tondano, Bitung, Minut dan Sonder.

img-20161111-wa0004

Para pendemo ini diterima legislator Rocky Wowor, James Karinda, James Tuuk dan Ardiansa Imban.

Sementara itu, Rickson Karundeng(Gerakan Minahasa Muda) mengatakan “Kami, Tou Minahasa tidak melawan Pemerintah, tidak menghambat pembangunan tapi, kami tidak dapat menerima pengrusakan situs budaya leluhur dengan alasan apapun yang jelas jelas mengancam eksistensi kami di tanah kami sendiri. Tidak ada generasi hari ini kalau tidak ada generasi masa lampau,” terangnya.

Komunitas komunitas budaya Minahasa itupun meminta agar:

1. Menghukum tindakan penghancuran Waruga-waruga di Kuwil.

2. Menolak relokasi waruga-waruga tersebut dari tempat aslinya.

3. Menuntut pertanggungjawaban pemerintah atas pengrusakan situs budaya tersebut.

4. Meminta DPRD Sulut untuk bersama-sama dengan kami dalam melakukan penuntutan kepada oknum-oknum yang merusak situs budaya waruga.

5. Meminta DPRD mendesak aparat hukum mengusut kasus ini hingga tuntas.

6. Mendesak pemerintah untuk mencegah pihak manapun melakukan pengrusakan situs.

img-20161111-wa0005

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Sulut Rocky Wowor menyampaikan rasa keprihatinan dan kepedulian terhadap situs budaya Waruga Kuwil.

” Kami siap mengawal dan memperjuangkan aspirasi yang sudah disampaikan,” ucap Wowor.

Senada dengan itu, Anggota Dewan Jems Tuuk berjanji akan segera meninjau langsung keadaan dan aktifitas di situs budaya waruga Kuwil.

“Saya berjanji, besok (11 November 2016) Komisi 1 dan IV akan meninjau langsung keadaan dan aktifitas di situs budaya Waruga Kuwil dan setelah itu, Kami (DRPD Sulut) akan memanggil hearing instansi terkait,” Pungkas Tuuk. (Ardybilly)

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

LPPM Unsrat Gelar Klinik Proposal Penelitian

MANADO – Bertempat di lantai 5 Gedung Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: