Home » News » Press Release » Djouhari Kansil: Tulude Merupakan Dari Budaya Nasional
Rental Mobil Murah di Manado

Djouhari Kansil: Tulude Merupakan Dari Budaya Nasional

Djouhari Kansil  Saat Memberikan Sambutan di Pesta Adat Tulude
Djouhari Kansil Saat Memberikan Sambutan di Acara Tulude | Foto: Humas Prov Sulut

Sebagai bagian dari komunitas masyarakat Sulawesi Utara yang berbudaya, warga Kabupaten Kepulauan Sangihe tetap berkomitmen mendukung berbagai program pemerintah, khususnya dalam upaya melestarikan tradisi dan nilai-nilai budaya adat Tulude sebagai aset daerah, tapi juga merupakan bagian dari budaya nasional, penegasan Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd itu disampaikan, pada upacara adat tulude yang digelar pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sangihe di rumah jabatan Bupati Sangihe, di Kelurahan Tona Dua Kec. Tahuna Timur, Kamis 6 Februari 2014 kemarin.

Menjadi suatu kebanggaan kita bersama apalagi pesta adat Tulude kali ini juga turut di dihadiri sejumlah tokoh nasional seperti Sekjen PDIP yang juga Anggota DPR-RI Cahyo Kumolo dan Ketua Komisi II DPR-RI Olly Dondokambey, karena kedua tokoh ini telah banyak berbuat sekaligus ikut memajukan pembangunan di daerah sulut, ujar Kansil, sembari menyebutkan pesta adat Tulude merupakan suatu warisan budaya yang penuh makna dan sarat akan nilai-nilai keimanan dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yaitu untuk melepas tahun yang lama dan menerima tahun yang baru, melalui ungkapan syukur masyarakat atas anugerah dan pernyataan Tuhan di tahun 2013, sekaligus merupakan momentum doa dan permohonan kepada Tuhan untuk tetap menyertai, menuntun dan memberkati perjalanan pemerintah dan masyarakat kabupaten Sangihe di tahun 2014 ini, Tandas mantan kadis Diknas Sulut.

Cahyo Kumolo mengatakan, dalam suasana ulang tahun daerah yang dilaksanakan secara adat seperti ini, perlu terus dilakukan setiap tahun, karena ini dalam rangka melestarikan adat istiadat serta budaya lokal yang ada, sembari mengutip sambutan Presiden Soekarno saat melantik Gubernur DKI Jakarta Heng Ngantung, untuk tetap menjaga nilai-nilai budaya dan adat istiadat yang ada, serta Soekarno juga pernah berpesan Sulut di masa yang akan datang akan menjadi salah satu pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia pasifik.

Turut Hadir Wakil Ketua TP. PKK Sulut Ny. Mieke Kansil Tatengkeng, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edwin Silangen bersama Ibu, Kadis Kesehatan dr. Grace Punuh, Kadis Koperasi dan UMKM Drs. Mourits Berhandus, Kepala BPMPD Ir. Rocky Tumanduk, Kaban Kesbang Gun Lapandengan, kaban Perbatansan Ir. Rudy Mokoginta, serta kaban Perpustakaan Maxi Gagola SH MH, Wakil Bupati Sitaro Fransisca Salindeho serta sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya (Humas Prov Sulut)

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

Walikota Manado, “Pahlawan Wajib Diingat Jasanya”

MANADO –  Jadi Irup ziarah nasional,  Walikota GSVL bersama Wawali Mor tabur bunga di TMP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: