Home » Tips & Trik » Delapan Tips Mencegah Timbulnya Jerawat
Rental Mobil Murah di Manado

Delapan Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Delapan tips mencegah timbulnya jerawat yang bisa warga Sulut lakukan dengan mudah setiap hari. Jerawat (acne) merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi banyak orang apa terlebih bagi kaum wanita yang selalu menginginkan agar supaya wajahnya selalu kelihatan cantik dengan kulit wajah yang halus. Seperti kata pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan beberapa tips mencegah timbulnya jerawat yang dirangkum dari berbagai sumber dan bisa anda praktekan dengan mudah setiap hari.

Delapan Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

1. Jaga agar wajah tetap bersih. Tips mencegah timbulnya jerawat yang pertama adalah dengan menjaga wajah agar tetap bersih. Mencuci wajah anda secara teratur 2 kali sehari akan membantu untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebihan dari permukaan kulit. Jika kita tidak menjagah kebersihan wajah maka bakteri penyebab jerawat akan hidup dengan nyaman di wajah kita.

Untuk membersihkan wajah gunakanlah kain yang lembut, air yang hangat/tidak panas dan pembersih wajah yang ringan. Setelah wajah bersih jangan lupa untuk mengeringkannya dengan handuk yang bersih

2. Minum 8 gelas air setiap hari. Mengkonsumsi air yang cukup dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan zat tidak berguna yang ada didalam tubuh, sehingga dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.

3. Kurangi penggunaan kosmetik secara berlebihan. Wanita tentunya ingin selalu tampil cantik, akan tetapi terkadang anda lupa dengan menjaga kesehatan wajah anda. Tak heran banyak wanita menggunakan kosmetik pada wajah secara berlebihan. Penggunaan kosmetik sesungguhnya dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah anda sehingga membuat pori-pori pada wajah anda tidak bisa bernapas dengan baik. Oleh karena itu alangkah lebih baik jika anda menggunakan kosmetik yang berbahan dasar air dibanding kosmetik berbahan dasar minyak.

4. Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin E. Tips mencegah timbulnya jerawat yang berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, karena selain baik buat kesehatan tubuh juga baik untuk kesehatan wajah anda apa terlebih untuk membantu mencegah timbulnya jerawat. Konsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin E seperti minyak biji gandum, minyak kedelai, minyak jagung, alfalfa, selada, kacang-kacangan, asparagus, pisang, strawberry, biji bunga matahari, buncis, ubi jalar dan sayuran berwarna hijau (sumber wikipedia)

Selain berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mengatasi stres, Vitamin E bisa meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet.

5. Jauhkan tangan anda dari wajah anda. Saat sedang bekerja hindarilah menyentuh wajah terlalu sering dengan tangan anda. Tangan yang kotor tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, akan tetapi dapat juga mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang. Jangan pencet jerawat dengan jari anda karena dapat mengakibatkan infeksi pada wajah anda. Karena saat anda memencet jerawat, lapisan yang berada di bawah kulit dapat menjadi rusak dan menyebabkan minyak wajah menyebar ke bagian lain dari wajah sehingga jerawat pada wajah anda akan timbul semakin banyak

6. Istirahat secara teratur. Tips mencegah timbulnya jerawat yang sering tidak terpikirkan adalah beristirahat secara teratur. Layaknya tubuh, kulit wajah kita memerlukan istirahat yang cukup sehingga kulit bisa beregenerasi dan membuang racun yang berbahaya sehingga ketika kita bangun pada esok hari kita akan mendapatkan kulit wajah yang lebih segar.

7. Bersihkan sarung bantal dan sprei pada kamar tidur secara teratur. Kotoran pada wajah dan rambut yang menempel pada bantal dan seprei yang anda gunakan akan bisa berpindah ke secara mudah ke wajah anda saat anda tidur. Oleh karena itu bersihkanlah sarung bantal dan seprei secara teratur.

8. Jangan menggunakan sabun mandi biasa saat membersihkan wajah anda. Tips mencegah timbulnya jerawatyang terakhir adalah menggunakan sabun khusus wajah agar anda bisa mencegah timbulnya jerawat lebih optimal.

Tips mencegah timbulnya jerawat
Image source: harykhan.blogspot.com

Itulah delapan tips mencegah timbulnya jerawat yang bisa warga Sulawesi Utara lakukan dengan mudah setiap hari. Hal yang terpenting untuk mencegah timbulnya jerawat adalah dengan menjaga kebersihan wajah agar wajah anda tidak mudah terserang jerawat. Bagaimana, anda mempunyai tips lain bagaimana mencegah timbulnya jerawat?

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Tips Belanja Online Secara Aman

7 Tips Belanja Online Secara Aman

Tips belanja online secara aman yang perlu anda ketahui sehingga anda bisa lebih aman saat berbelanja secara online.

2 Tanggapan

  1. artikel ini sangat berguna. silahkan coba tipsnya…

  2. tips menarik mbak, tapi apa cara ini bisa juga untuk menutupi noda bekas jerawat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: