Home » Sulawesi Utara » Daftar Gubernur Sulawesi Utara Dari Masa ke Masa
Rental Mobil Murah di Manado

Daftar Gubernur Sulawesi Utara Dari Masa ke Masa

Daftar Gubernur Sulawesi Utara - Gubernur SulutSejarah panjang perjalanan provinsi Sulawesi Utara dengan para pemimpin/gubernur Sulawesi Utara yang berasal dari beragam latar belakang menjadi sebuah catatan yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini Daftar Gubernur Sulawesi Utara yang kami rangkum dari berbagai sumber

Gubernur Sulawesi Utara Dari Tahun ke Tahun

1. Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi merupakan gubernur pertama di Sulawesi Utara. Pria kelahiran Tondano, 5 November 1890 merupakan salah satu tokoh besar yang pernah dimiliki bangsa Indonesia terlebih khusus Sulawesi Utara. Sam Ratulangi menjadi Gubernur Sulawesi Utara sejak tahun 1945-1949. Atas jasa-jasa besar beliau, beberapa tempat di Sulawesi Utara menggunakan nama beliau seperti Bandara Sam Ratulangi dan Universitas Sam Ratulangi Manado (Unsrat).

2. Arnold Achmad Baramuli merupakan gubernur ke 2 yang memimpin Sulawesi Utara. Pria kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan 20 Juli 1930, juga dikenal sebagai pendiri Grup Poleko. Arnold Achmad Baramuli merupakan sosok multi talenta yang semasa hidupnya pernah bergerak di bidang politik, industri, dan juga pernah mendapatkan mandat sebagai jaksa. Selain itu Baramuli juga pernah dipercayakan sebagai Penasihat Menteri Dalam Negeri, Anggota DPR/MPR dan anggota Komnas HAM. Arnold Achmad Baramuli menjadi Gubernur Sulawesi Utara sejak tahun 1960-1962

3. F.J. Tumbelaka ditunjuk presiden pada tanggal 15 Juni 1962 sebagai Pejabat Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Utara-Tengah, yang kemudian dikukuhkan sebagai Gubernur Definitif berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 83 tertanggal 27 Juli 1963. Letkol F.J. Tumbelaka menjadi Gubernur Sulawesi Utara sejak tahun 1962-1965

4. Soenandar Prijosoedarmo. Pria kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur, 17 Februari 1924 dipercayakan menjadi Gubernur Sulawesi Utara sejak tahun 1965-1966. Soenandar Prijosoedarmo dipercayakan memimpin Sulawesi Utara berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 57 tahun 1965 tanggal 19 Maret 1965. Selain pernah menjadi Gubernur Sulawesi Utara, Soenandar Prijosoedarmo juga pernah dipercayakan menjadi Gubernur Jawa Timur periode 1978-1983.

5. Abdullah Amu. Pria kelahiran Ratatotok, 12 Maret 1919 dieprcayakan sebagai Gubernur Sulawesi Utara sejak tahun 1966 hingga tahun 1967.

6. Hein Victor Worang merupakan Gubernur Sulawesi Utara yang dilantik pada tanggal 2 Maret 1967 di depan Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat I Sulawesi Utara. Pria kelahiran Tontalete, 12 Maret 1919 memegang jabatan sebagai Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Sulawesi Utara selama 11 tahun 3 bulan, yaitu dari tanggal pelantikannya 2 Maret 1967 sampai dengan 20 Juni 1978.

7. Willy Lasut. Gubernur Willy Lasut, memulai tugasnya di Sulawesi Utara pada tanggal 20 Juni 1978 setelah beliau diambil sumpahnya dan dilantik di depan Sidang DPRD Tingkat I Sulawesi Utara berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 107/M Tahun 1978 tanggal 1 Juni 1978.

8. Erman Hari Rustaman menjabat Gubernur Sulawesi Utara berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 176/M Tahun 1979 tanggal 17 Oktober 1979 dengan tugas utama yaitu mempersiapkan pencalonan dan pemilihan Gubernur yang definitif.

9. Gustaf Hendrik Mantik. Pria kelahiran Bandung, 26 April 1928 merupakan Gubernur Sulawesi Utara periode 1980-1985. Walaupun ia lahir di Bandung tetapi darah Minahasa kental mengalir dalam dirinya. Periode kepemimpinan Gubernur G.H. Mantik diwarnai dengan berbagai perkembangan, baik itu menyangkut penataan organisasi dan tata kerja maupun pembenahan administrasi.

10. Cornelis John Rantung. Ditelinga masyarakat Sulawesi Utara, beliau lebih akrab dengan sebutan C. J. Rantung. Pria kelahiran Banda Aceh, 7 Desember 1935 menjadi Gubernur Sulawesi Utara selama dua periode yakni dari tahun 1985 hingga tahun 1995.

11. Evert Ernest Mangindaan atau yang lebih dikenal dengan sebutan E. E. Mangindaan merupakan gubernur Sulawesi Utara yang mempopulerkan semboyan torang samua basudara. Putra Amurang, Minahasa Selatan kelahiran Surakarta, 5 Januari 1943 dikenal juga sebagai sosok yang “gila” dengan dunia sepak bola. Mantan Pangdam VIII/Trikora yang juga merupakan ayah dari Harley Mangindaan, juga pernah memegang beberapa jabatan strategis seperti Ketua Komisi I DPR RI, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dan Menteri Perhubungan Indonesia.

12. Adolf Jouke Sondakh. Pria kelahiran Suluun, 20 Juni 1939 merupakan gubernur Sulawesi Utara periode 2000-2005. AJ Sondakh begitu ia biasa disapa, mengawali karirnya dari dunia akademik sebagai seorang dosen Fisipol Universitas Sam Ratulangi Manado. Kecintaannya terhadap dunia politik mengantarkan beliau menjadi anggota DPRD dan DPR – MPR hingga akhirnya menduduki kursi Gubernur Propinsi Sulawesi Utara.

13. Lucky Harry Korah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 17 Maret 2005 di Jakarta sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Utara dengan tugas memfasilitasi dan mengawasi jalannya pemilihan gubernur dan wakil gubernur secara langsung untuk yang pertama kalinya di Sulawesi Utara. Selain itu, beliau juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal dan staf khusus Menteri di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum.

14. Sinyo Harry Sarundajang atau yang akrab disapa SHS, lahir di Desa Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, pada tanggal 16 Januari 1945. Pria yang telah menulis beberapa buku, merupakan orang kedua setelah Cornelis John Rantung (1985-1995) yang menjabat gubernur Sulawesi Utara selama 2 periode yakni 2005 sampai dengan 2015. Pria dengan segudang prestasi ini juga pernah dipercayakan sebagai Pjs. Gubernur Propinsi Maluku (2003). (baca Profil Sinyo Harry Sarundajang)

15. Robby Mamuaja dikenal sebagai pejabat yang low profile. Beliau menjadi pejabat gubernur Sulawesi Utara dari tanggal 13 Agustus 2010 sampai dengan 14 September 2010 dengan tugas utama mempersiapkan pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur.

Itulah daftar Gubernur Sulawesi Utara dari masa ke masa yang pernah dimiliki oleh Sulawesi Utara. Untuk mengetahui secara lengkap pergantian gubernur Sulawesi Utara, anda bisa membaca Sejarah Sulawesi Utara dan Profil Provinsi Sulawesi Utara

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Dekopinda Bitung Gelar Rakerda

SEPUTAR SULUT. Manado – Dewan Koperasi Indonesia Daerah Bitung (DEKOPINDA) menggelar rapat koordinasi pada Kamis, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: