Home » News » Ekonomi & Bisnis » BP Batam Jadi Acuan Kelola Bunaken Oleh Manado
Rental Mobil Murah di Manado

BP Batam Jadi Acuan Kelola Bunaken Oleh Manado

batam 3

Batam  – Bunaken menjadi daerah tujuan utama wisata jika ke Manado.  Namun potensi wisata ini masih belum dikelola  oleh Pemkot Manado.  Pengelolaan Pulau Bunaken yang sekarang ini masih dikelola oleh Dewan Pengelolaan Taman Nasional Bunaken (DPTNB), kini diupayakan supaya Bunaken di kelola oleh Pemkot Manado. Namun untuk pengelolaan tersebut memang tidak serta merta dapat dilakukan dengan cepat.

Setidaknya, butuh kajian yang matang dan pertimbangan yang matang pula supaya Bunaken pengelolaan ini dapat menjadi kewenangan daerah. Untuk pengelolaan ini, Penjabat Walikota Manado Ir Royke Oktavian Roring MSi melakukan pertemuan dengan Pemkot Batam dan Badan Pengusahaan Batam (BP).

Pengelolaan icon wisata utama Manado ini, yang sementara di kelola terus diusahakan Roring, yang didukung penuh Pemprov Sulut dibawah kendali Olly Dondokambey SE dan Drs Steven Kandouw sebagai gubernur dan wakil gubernur agar menjadi tanggung jawab daerah.

Kunjungan ke dua instansi ini, menurut Roring ingin mengetahui sejauh mana peran dan fungsi pemkot dan Badan Otorita Batam, sehingga bisa nanti diadopsi jika nanti terbentuk Badan Pengelola Bunaken. Maklum saja, karena di Batam ada badan otorita.

Dalam percakapan dengan Walikota Batam Muhmd Rudi, Roring banyak bertanya soal hal-hal teknis, secara khusus peran masing-masing. “Tentunya kunjungan ke Pemkot Batam dan Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), yang dulunya Otorita Batam, sangatlah penting. Sehingga nanti paling tidak kita sudah ada hambaran jika nanti Bunaken kita kelola sendiri. Apa kewenangan kita dan mana yang tidak,” ujar Roring diruang kerja Walikota Batam.

Hal yang sama juga diutarakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut ini, saat diruangan Kantor BP Batam. Menurut Roring, masukan serta peran di BP Batam menjadi sangat membantu ketika upaya pemkot dan pemprov di pemerintah pusat sukses.

“Kan BP Batam sudah 42 tahun berdiri. Banyak hal juga yang telah dilakukan untuk kemajuan Batam secara khusus di sektor pariwisata. Nah, inilah yang kita ingin pelajari,” urainya dihadapan pimpinan BP Batam, akhir pekan lalu.

Apalagi lanjut Roring, Manado tak sebesar Batam, jadi tak terlalu sulit mengurusnya. “Tentunya ada hal yang mungkin kita benahi nanti soal peran kita masing-masing antara pemkot dan badan otorita Bunaken nanti jika sudah terbentuk. Dan memang rencana kita otorita Bunaken nanti hanya mengurus pariwisata,” pungkas Penjabat Walikota, yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado Hendrik Warokka, Sekretaris Disbudpar Drs Boyke Monding dan Kabag Pemerintahan Setda Manado, Jerry Lasut.

Sekedar diketahui, upaya untuk mengalihkan pengelolaan Bunaken, tengah berproses di pemerintah pusat. Dondokambey dan Roring dikabarkan telah menemui Presiden dan Menteri untuk melaporkan hal ini.  Diharapkan dengan pengelolaan oleh Pemkot Manado, Taman Nasional Laut Bunaken akan semakin baik dan lestari.

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Walikota Temui Sopir, “Transportasi Manado Tanggungjawab Bersama”

MANADO – Cari Solusi Masalah Transportasi di Manado, Walikota GSVL Dialog Dengan Organda dan Sopir Angkot …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: