Home » News » Straigh News » BMKG Gandeng Unsrat Antisipasi Bencana
Rental Mobil Murah di Manado

BMKG Gandeng Unsrat Antisipasi Bencana

unsrat ttd 2 unsrat ttd 3
SEPUTAR SULUT. Manado – Bertempat dia Aula Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unsrat Manado kemarin Jumat(23/10) diadakan penandatanganan MOU antara Unsrat dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebelum diadakan penandatanganan diadakan kuliah umum yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Edwin Aldrian Kepala Puslitbang BMKG dengan moderator Dekan FPIK Unsrat Prof. Dr. Ir. Grevo Gerung, M.Sc. Makalah yang disampaikan adalah “Tantangan Penelitian Mengantisipasi Peningkatan Potensi Bencana Hidro-Meteorologis di Indonesia”.
Menurut Prof Aldrian penyebab bencana saat ini selain karena alam (Hidro Meteorologi dan Geologi) tetapi juga oleh ulah manusia baik secara sengaja maupun tak sengaja. Dari diskusi dengan BMKG dipertanyakan sejumlah kebijakan dan peluang kerjasama yang dimungkinkan terjadi dengan Unsrat khususnya untuk penelitian. Seperti masukkan dari Prof. Dr.Ir. Markus Lasut, MSc,  koordinator PS Magister Perairan Unsrat selaku penanggap terakhir yang memberikan beberapa ide untuk kelanjutan dari MOU nanti. Rektor Unsrat Prof Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc., DEA menyampaikan syukur atas kerjasama dengan BMKG ini. Menurut Rektor sampai saat ini bukti kerjasama dengan BMKG diantaranya adalah 16 sarjana Fisika, 4 Magister Kelautan dan 6 Magister Agronomi berhasil diwujudkan. Prof. Ellen berharap kedepan nantinya kerjasama atau sharing bisa terwujud lewat penelitian, penggunaaan peralatan dan data. Bahkan saat ini sebagai hasil kunjungan kerja ke Amerika lalu, kini telah ada peralatan bantuan NOAA dari Denver Colorado yang menyediakan 500 data real time. Inipun menurut Rektor bisa mendukung kerjasama ini. Alat dari Amerika ini menyediakan data-data, diantaranya kata Rektor adalah  mengenai kondisi cuaca, laut juga udara, dan ini baru satu-satunya alat di Indonesia.  Acara ini dihadiri para dosen, mahasiswa dan dari BMKG Kepala Balai Besar Wilayah V BMKG Slamet Suyitno, M,Si,Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Herizal, MM, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pusdiklat Ir. Sindhu Nugroho,M.SI, Kepala Stasiun Geofisika Manado Robert Owen Wahyu, S.Si, Kepala Sub Bagian Kerjasama Dalam Negeri Srimuwidawati,MM, (HR)

Unsrat ttd

 

ttd unsrat 3

bmkg

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Walikota Dampingi Gubernur Hadiri Grand Opening Transmart Carrefour Manado

MANADO -Bersama Gubernur OD, Hadiri Grand Opening Transmart Carrefour di Mapanget, Walikota GSVL Sambut Baik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: