Home » News » Press Release » Bersama Kita Selamatkan Yaki Dari Kepunahan
Rental Mobil Murah di Manado

Bersama Kita Selamatkan Yaki Dari Kepunahan

Yaki Sulawesi UtaraPada bulan Oktober, seekor yaki jantan muda dibawa ke museum Pak Dior, Tompaso. Usianya kira-kira dua tahun. Dulunya, yaki ini merupakan hewan peliharaan. Pemiliknya mendengar bahwa spesies monyet ini terancam punah melalui program kampanye konservasi Selamatkan Yaki, kemudian membawanya ke Dr. Benny J. Mamoto, SH. M.Si. di Pa’Dior ketika mereka sadar bahwa tidak baik untuk terus memelihara yaki ini.​

Yaki ini merupakan binatang peliharaan, tapi manusia tidak bisa menyediakan secara lengkap apa yang dibutuhkan satwa liar ini untuk bertahan hidup, misalnya pakan yang tepat atau kebutuhan mereka untuk hidup dalam kelompok sosial. Memelihara primata pada jarak yang dekat dengan manusia juga beresiko, karena adanya ancaman penularan penyakit, parasite, bakteri atau virus.

Sulawesi Utara memiliki alam yang unik, salah satunya Yaki, yang tidak bisa dijumpai di tempat lain di bumi. Memburu, memperdagangkan, memelihara atau mengkonsumsi Yaki atau spesies dilindungi lain merupakan pelanggaran Undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Jumlah Yaki berkurang dengan cepat karena perburuan (biasanya untuk dikonsumsi) dan kehilangan hutan yang merupakan habitat mereka.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) adalah badan pemerintah yang bertanggung jawab menangani spesies-spesies yang dilindungi. Yaki ini akan dibawa ke kantor BKSDA untuk meresmikan serah-terima ke Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki, Bitung. Pusat Penyelamatan Satwa Tasikoki dikelolah oleh Yayasan Masarang dan merupakan partner BKSDA Sulut dalam hal karantina, rehabilitasi dan perawatan professional bagi spesies satwa liar yang dilindungi yang berhasil diselamatkan dari perdagangan liar. Tasikoki bekerja sama dengan Selamatkan Yaki dan partner lain untuk mendidik dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai hewan-hewan yang mulai menghilang ini.

Jika anda memiliki informasi mengenai oknum-oknum yang memelihara hewan ini, harap menghubungi kami melalui nomor 085299918674, atau e-mail ke info@tasikoki.org, atau halaman Facebook Tasikoki Edu. Jika diserahkan secara sengaja dan sukarela, anda tidak akan dituntut. Mari, bersama-sama kita melindungi hutan kita, serta hewan-hewan di dalamnya, demi kebaikan mereka dan juga demi kebaikan kita.

banner-natal-pemprov1024

Lihat juga

Letakkan Batu Pertama Puskesmas Paniki, Walikota, “Jangan Terjadi Kasus Debora Di Manado !!”

MANADO –  Letakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas Paniki Bawah, Walikota GSVL Ingatkan Kasus Bayi Debora …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: