Home » News » Politik & Pemerintahan » Bawaslu Sulut : “Melanggar Pilkada Kami Tindak !!!”
Rental Mobil Murah di Manado

Bawaslu Sulut : “Melanggar Pilkada Kami Tindak !!!”

IMG-20160808-WA0001

SULUT – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan diskusi awal terkait Identifikasi dan Inventarisasi Pelanggaran Administrasi Yang Bersifat Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM).

 

Maksud dari diskusi ini guna untuk penanganan proses pemilihan kepala daerah. Diketahui, pada waktu dekat ini akan dilaksanakan pemilihan di dua daerah kabupaten yakni kabupaten Bolmong dan Sangihe.

 

Diskusi ini dipimpin langsung oleh  pimpinan Bawaslu Sulut, Herwin Malonda dan J.A Suak.

 

Dalam kesempatan ini, Herwin malonda menjelaskan arti dari TSM, dimana Terstruktur adalah pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pemerintah dan penyelenggara pemilu, Sistimatis adalah perencanaan dari awal dan sebagainya dan Masif adalah pelanggaran yang dilakukan di wilayah dan mempengaruhi secara menyeluruh.

 

“Itu adalah 3 persyaratan yang nantinya akan kita tangani. Apabila calon mengajukan keberatan, yang bersangkutan harus mengajukan keberatan di Bawaslu Provinsi bukan kepada Panwas Kabupaten. Dan bilamana pasangan calon terbukti melanggar TSM ini pastinya akan di diskualifikasi,” jelas Malonda kepada awak media di salah satu Rumah Kopi yang ada di kawasan Winangun, Sabtu (06/08/2016).

 

Pimpinan Bawaslu Sulut juga menuturkan bahwa pada waktu dekat ini, kita akan segera menkonsultasikan peraturan Bawaslu ini dan tinggal menunggu persetujuan dari DPR-RI.

 

“Peraturan Bawaslu ini, dalam 1 atau 2 minggu kedepan akan segera dikonsultasikan ke DPR-RI,” ucapnya.

IMG-20160808-WA0000

Sementara itu, J.A Suak menyoroti tentang Potensi rawan pelanggaran administrasi, yang bakal terjadi di dua daerah pemilihan lebih khusus di Bolmong yang tingkat pelanggarannya lebih besar dari kabupaten Sangihe karena letak daerah berada dijalur umum.

 

“Apabila melanggar, Bawaslu Siap menindak dan mengeksekusi kesalahan  yang terstruktur, sistematis dan Masiv, karena sudah diatur dalam UU No 10 tahun 2016 dimana putusan ada ditangan Bawaslu,” tegas Suak. (Ardybilly)

banner-natal-pemprov1024

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Karang Taruna Manado Gelar Bimtek Pengurus Kelurahan dan Kecamatan

Manado. – Bertempat di Gedung Serba Guna Balai Kota Pemerintah Kota Manado (Pemkot). Karang Taruna …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: