Home » News » Ekonomi & Bisnis » Bank BTN, Penyaluran KPR Mencapai Rp. 135 M
Rental Mobil Murah di Manado

Bank BTN, Penyaluran KPR Mencapai Rp. 135 M

Bank BTN ManadoSEPUTAR SULUT. Manado – Penyaluran Kredit Perumahan (KPR) hingga Oktober 2015 telah mencapai Rp. 135 Milliar.

Subsidi dari Bank BTN ini masih jauh dari yang di targetkan di tahun 2015,” kata Kepala Cabang BTN Manado Syariffudin Harahap.

Ia mengatakan perseroan tersebut sebelumnya menargetkan pengucuran kredit kepemilikan rumah (KPR) melalui skema FLPP dapat mencapai Rp500 miliar atau setara dengan 4.800 unit rumah sepanjang tahun ini.

“Sesuai instruksi pusat, kami siap menyalurkan KPR melalui skema FLPP. Tetapi, realisasi pembangunan rumah baru di Sulut cukup terbatas,” katanya.

Tambahnya, hingga September 2015, Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) Sulawesi Utara melaporkan telah merealisasikan pembangunan rumah murah sebanyak 2.000 unit dari target tahun ini yakni 3.800 unit.

Berdasarkan tren tahun-tahun sebelumnya, pembangunan rumah murah hanya mencapai kisaran 2.400 unit-2.500 unit tiap tahunnya.

“Ketidakmampuan pengembang dalam membangun rumah murah sesuai target tentu harus dilihat dari banyak sisi. Industri perumahan sifatnya padat modal sehingga dibutuhkan modal yang sangat besar, apalagi pelambatan ekonomi sedang terjadi”. ungkapnya.

Menurutnya, harus optimistis penyaluran KPR dengan skema FLPP mampu mencapai target karena tren-tren sebelumnya menunjukkan realisasi kredit perumahan meningkat di kuartal akhir tahun.

“Secara umum, meskipun ada pelambatan, realisasi KPR rumah subsidi masih mengalami pertumbuhan. Kami mencatat menyalurkan KPR FLPP sekitar Rp106 miliar pada Oktober tahun lalu, tuturnya.

Syarif juga merinci permintaan dan ketersediaan rumah bersubsidi masih didominasi oleh masyarakat di Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Demi memperlancar rencana kerja penyaluran KPR FLPP, BTN pasti akan menjalin komunikasi yang baik dan benar dengan sejumlah pemerintah daerah. Dan bisa bekerja sama guna mempercepat realisasi KPR di Sulawesi Utara.

banner-natal-pemprov1024

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Walikota Hadiri Rakornas, Inflasi Manado Terkendali

MANADO –  Walikota GSVL menghadiri Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2017 di Jakarta.  Walikota tegaskan bahwa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: