Home » News » Press Release » Alumni Australia Di Unsrat Berdayakan Perempuan Nelayan Bitung
Rental Mobil Murah di Manado

Alumni Australia Di Unsrat Berdayakan Perempuan Nelayan Bitung

BITUNG – Alumni dari Australia yang saat ini mengabdi di Unsrat mengadakan kegiatan di Bitung.   Kegiatan itu adalah pemberdayaan perempuan nelayan di kelurahan Batulubang, Lirang dan Pasir Panjang Lembeh, Kota Bitung kerjasama antara Australian Award in Indonesia (AAI) lewat Alumni Grant Scheme (AGS) dengan Alumni Australia di Universitas Sam Ratulangi.

Kegiatan dengan topik Peningkatan kesejahteraan perempuan nelayan melalui aplikasi teknologi ikan asap cair dimulai sejak 10 November 2018 dan telah memperlihatkan hasil yang memuaskan dimana anggota kelompok perempuan nelayan di Lembeh ini telah memproduksi ikan cakalang dan tuna asap cair.

“Selain melakukan kegiatan alih teknologi, kami juga memberikan pelatihan kewirausahaan dan pelatihan keuangan bahkan proses pengemasan dan pemasarannya,”ujar Dr. Reiny Tumbol sebagai Ketua Tim pelaksana kegiatan.

Produksi yang terus meningkat masih mengalami kendala yakni pemasaran. Untuk dapat merambah pasar yang lebih luas, kelompok-kelompok pengolah ikan ini harus mengurus izin produksi dan label lainnya seperti label halal.

Dengan demikian produk ikan asap mereka akan lebih diterima di pasar yang lebih luas. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang teknologi pengolahan ikan yang selanjutnya meningkatkan pendapatan keluarga.

Adapun tim pelaksana adalah,  Dr. Reiny Tumbol, Dr. Daisy makapedua, dan Dr. Cynthia Wuisang.


Pelaksanaan sudah dimulai  15 Oktober 2018 sampai 31 April 2019.
Kegiatan berlangsung di Kelurahan Batulubang & Kelurahan Pasir (Kec. Lembeh Selatan); Kelurahan Lirang (Kec. Lembeh Utara).

Tentang Redaksi

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Bupati Talaud Sry Wahyuni Manalip dijemput KPK

  Manado.- Menghebohkan dunia maya Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE terlihat dijemput …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: