Home » Tempat Wisata » Air Terjun Tunan
Rental Mobil Murah di Manado

Air Terjun Tunan

Air Terjun Tunan

Wilayah Sulawesi Utara memang sangat indah dan penuh dengan tempat wisata alam. Untuk wisata laut ada Taman Laut Bunaken dan Tumbak, untuk olah raga ekstrim panjat tebing ada Batu Dinding Amurang, dan untuk wisata alam air terjun ada Air Terjun Tunan di desa Talawaan Kabupaten Minahasa Utara.

Untuk mencapai air terjun Tunan di desa Talawaan, memerlukan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota Manado, atau sekitar 40 menit (dengan motor/ojek) dari Bandara Internasional Sam Ratulangi (samping RS Angkatan Udara) atau Swalayan Paniki Jaya ke arah Dimembe.

Kalau dari desa Talawaan, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 10 menit berkendara. Mata kita akan disuguhi dengan hijaunya perbukitan dan perkebunan warga di sepanjang jalan menuju air terjun Tunan. Mobil atau motor kita tidak akan sampai langsung ke air terjun, tapi hanya sampai di tempat parkir berpaving yang sudah tersedia dengan baik.

Air_Terjun_Tunan_tempat_parkir
Tempat parkir memadai untuk kendaraan
Air_Terjun_Tunan_Jalan_menuju_ke_air_terjun
Jalan (setapak) untuk menuju air terjun

Kemudian dari tempat parkir tersebut kita akan berjalan kaki selama 10 menit, untuk bertemu dengan air terjun setinggi 86 meter tersebut. Tidak usah galau, karena 10 menit jalan kaki menuju air terjun Tunan, jalannya sudah dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah setempat. Selain itu kita juga akan menikmati gemercik air sungai di sisi kiri dan kanan jalan. Jika kita lupa membawa bekal makanan dan minuman, tidak usah khawatir, karena di lokasi ada kantin yang menjual makanan dan minuman untuk kita.

Video Air Terjun Tunan di Desa Talawaan.

banner-natal-pemprov1024

Tentang Garadus Franklin

Menjadi Narablog atau Blogger sejak 2004 memberikan ruang untuk saya berkarya melalui tulisan di media internet. Saya Tidak jago menulis, tapi saya terus belajar untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi.

Lihat juga

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa

Pulutan, Sentra Pengrajin Gerabah di Minahasa. Selain memiliki beragam destinasi wisata yang menarik, Kabupaten Minahasa juga …

5 Tanggapan

  1. Belum pernah ke Sulut… :D

  2. wisata bromo

    Planning sudah ada, tinggal nunggu cuti kerja :D

  3. Vickram George Syah

    Udah nggak sabar mau planning di puncak rinjani

  4. Vickram George Syah

    Udah bosan di sulut ngeliat tempat2 objek wisatawan bdw gue udah kangen mau nanjak puncak gunung rinjani :'(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: