Home » Tips & Trik » 7 Tips Belanja Online Secara Aman
Rental Mobil Murah di Manado

7 Tips Belanja Online Secara Aman

Tips Belanja Online Secara Aman. Belanja online saat ini sedang marak di Indonesia. Berbagai produk yang dulu hanya beredar di dunia nyata seperti sepatu, tas, produk kecantikan hingga obat-obatan kini dengan mudah di jual di internet. Koneksi internet yang semakin murah dan semakin mudahnya membuat toko online menjadikan aktifitas belanja online kini semakin digandrungi. Ada banyak keuntungan dengan berbelanja secara online seperti lebih mudah, tidak perlu keluar rumah, bisa dilakukan dimana saja (yang penting koneksi internet tersedia) dan berbagai kemudahan lainnya.

Namun disamping itu, berbelanja secara online juga mempunyai resiko yakni barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipajang di website, dan yang lebih parah barang yang sudah kita bayar tidak dikirimkan. Oleh karena itu, bagi warga Sulawesi Utara kami ingin berbagi Tips Belanja Online Secara Aman. Dengan membaca tips belanja online secara aman diharapkan warga Sulut bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika melakukan aktifitas online shopping.

Tips Belanja Online Secara Aman7 Tips Belanja Online Secara Aman

1. Cari Tahu Terlebih Dahulu Reputasi Situs Belanja Online
Situs belanja online pastilah menyediakan kontak jelas yang bisa dihubungi baik lewat email, live chat, maupun nomor telpon sehingga pembeli bisa dengan mudah menghubungi pemilik produk. Sediakan sedikit waktu untuk mencari tahu latar belakang situs jual beli dengan melakukan pencarian di mesin pencari seperti google apater lebih bagi anda yang baru pertama kali berbelanja di sebuah situs jual beli. Jika memungkinkan mintalah rekomendasi dari teman anda.

2. Baca terlebih dahulu kebijakan situs tersebut
Jangan buru-buru melakukan pembayaran. Sebaiknya anda membaca terlebih dahulu kebijakan (TOS) dari situs e-commerce tersebut, bagaimana proses pembayarannya, berapa lama proses pengiriman, apakah anda akan menerima pengembalian jika barang yang dipesan tidak seperti yang dijanjikan (kondisi barang rusak saat pengiriman).

3. Bacalah secara seksama deskripsi produk yang akan anda beli
Sebelum melakukan pembayaran bacalah secara seksama deskripsi produk yang hendak anda beli. Jika ada hal yang masih meragukan jangan malu untuk bertanya. Penjual yang baik pastilah akan dengan senang hati menjawab berbagai pertanyaan yang anda ajukan.

4. Jaga data diri anda
Jangan terlalu mudah anda memberikan data diri seperti KTP, SIM, Rekening, Nomor HP, apalagi data kartu kredit. Jika anda diharuskan melakukan registrasi sebelum melakukan pembayaran, gunakan identitas yang berbeda (username dan password) dengan data akun anda yang lainnya. Jaga baik-baik kerahasiaannya dan sebaiknya anda menggunakan password yang sulit teridentifikasi

5. Perhatikan harga
Tips belanja online secara aman yang kelima adalah harga. Jangan mudah tergiur dengan harga yang terlalu murah. Memang sebagai konsumen tentulah kita menginginkan agar supaya kita bisa mendapatkan harga yang semurah-murahnya. Akan tetapi ada baiknya anda memprhatikan kewajaran dari harga barang yang dijual. Jika barang yang ditawarkan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari para pesaing berarti anda harus berhati-hati sebelum membeli. Jika terlalu banyak kejanggalan lebih baik anda beralih ke situs e-commerce yang lain

6. Beli di tempat
Akan lebih baik jika website tersebut mengijinkan para konsumen untuk bisa mengambil barang secara langsung. Hal ini secara langsung semakin memperkecil adanya indikasi penipuan. Jika anda memiliki kerabat atau saudara di dekat alamat yang tertera di situs e-commerce, jika memungkinkan anda meminta bantuan terlebih dahulu kepada mereka untuk memeriksa lokasi tersebut apa terlebih jika barang yang akan anda beli harganya lumayan mahal.

7. Perhatikan keamanan situs e-commerce
Sebaiknya anda membeli di situs yang berbayar (ekstensi .com .net .org .co.id) bukan disitus gratisan seperti .wordpress.com atau .blogspot.com Jika penjual ingin serius berarti mereka akan menggunakan sumber daya yang baik. Akan lebih baik lagi jika situs e-commerce tersebut memakai teknologi enkripsi. Indikasi situs yang aman salah satunya adalah Anda harus melihat ‘https:/” di alamat situs.

Itulah 7 tips dari kami bagaimana belanja online secara aman. Semoga tips belanja online secara aman yang telah kami bagikan bisa berguna buat anda semua apa terlebih bagi yang belum pernah berbelanja online ataupun bagi anda yang sering belanja online. Apakah warga Sulut mempunyai tips belanja online secara aman?

banner-natal-pemprov1024

Tentang Seputar Sulut

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Tips mencegah timbulnya jerawat

Delapan Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

Delapan tips mencegah timbulnya jerawat yang bisa warga Sulut lakukan dengan mudah setiap hari. Jerawat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: