Home » News » Politik & Pemerintahan » Reklamasi Pantai di Sulut Harus Dihentikan
Rental Mobil Murah di Manado

Reklamasi Pantai di Sulut Harus Dihentikan

Pansus Zonasi dan Pokja Meninjau Proyek Reklamasi Pantai yang ada di kawasan Megamas Manado
Pansus Zonasi dan Pokja Meninjau Proyek Reklamasi Pantai yang ada di kawasan Megamas Manado

MANADO – Jumat (22/04/2016) kemarin, Panitia Khusus (Pansus) Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil bersama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Zonasi, langsung turun lapangan guna meninjau proyek reklamasi pantai yang ada di  Kota Manado.

Peninjauan ini dilakukan dibeberapa titik, seperti di Kawasan Manado Town Square (Mantos) dan Megamas.

Dalam tinjauan ini, Pansus dan Pokja Zonasi menemukan adanya proyek reklamasi pantai yang sudah melewati batas ketentuan yang semestinya.

Pansus dan Pokja tinjau lokasi kawasan Mantos
Pansus dan Pokja tinjau lokasi kawasan Mantos

Melihat keganjalan ini, Sekretaris Pansus Zonasi, Eddison Masengi buka suara, Ia mengatakan Renperda Zonasi saat ini sudah menjadi kewenangan Pemprov, oleh sebab itu, dari hasil kunjungan ini, Kami(Pansus) berkesimpulan, telah mengevaluasi bahwa harus ada langkah tegas agar proyek reklamasi pantai ini dihentikan sementara, sampai pembahasan Ranperda Zonasi ini selesai.

“Tentunya kita harus melihat exitingnya sudah bagaimana dan disesuaikan dengan kontrak luas line seperti apa. Ini harus dievaluasi lebih dulu, lalau memang betul luas lahannyasesuai kontrak, it’s ok. Tetapi sambil kita berproses, itu sebaiknya dihentikan. Karena ini ruang publik bagi masyarakat,” ujar Masengi.

Pansus Zonasi
Pansus Zonasi

Senada dengan itu, Ferdinand Mewengkang juga mengatakan proyek reklamasi pantai ini sudah melewati batas kurang lebih 10 Meter. Panjangnya sekitar 500 Meter dan sudah dibuat Kotak-kotak Fondasi, mungkin ini akan dikomersialkan.

“Ini memang harus dihentikan sementara dan ditata kembali,” ucap Mewengkang.

Ferdinand Mewengkang dan Felly Runtuwene
Ferdinand Mewengkang dan Felly Runtuwene

Sementara itu, Anggota pansus lainnya, Teddy Kumaat menegaskan, dengan melihat kondisi dilapangan sekarang ini, ada indikasi bahwa reklamasi ini sudah melewati kontrak, dan untuk pembuktiannya nanti akan diukur resmi oleh pihak BTN yang berwenang untuk itu.

“Jadi, dengan demikian kami mintakan agar supaya kegiatan reklamasi ini dihentikan dulu sementara, sampai selesai pansus menyelesaikan Perda Zonasi dan kemudian sampai selesai diukur. Dari hasil pengukuran itu akan ketahuan apakah ini masih sesuai kontrak atau tidak. Kalau memang susah kelebihan, kelebihan itu disita untuk negara. Karena memang tepi laut adalah hak masyarakat untuk menikmatinya,” ungkap Kumaat.

banner-natal-pemprov1024

Tentang ardy

seputarsulut.com memberikan kesempatan kepada anda yang ingin mempublikasikan berita/kejadian yang ada disekitar anda. Selain itu, Kami juga akan akan membantu mempromosikan usaha anda baik melalui seputarsulut.com maupun lewat situs jejaring sosial yang kami kelolah. Ayo berbagi informasi seputar sulawesi utara lewat facebook, Google+ atau anda bisa follow akun kami di twitter

Lihat juga

Karang Taruna Manado Gelar Bimtek Pengurus Kelurahan dan Kecamatan

Manado. – Bertempat di Gedung Serba Guna Balai Kota Pemerintah Kota Manado (Pemkot). Karang Taruna …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: