Home » Lifestyle » 1 Aplikasi Untuk 1 Dunia?
Rental Mobil Murah di Manado

1 Aplikasi Untuk 1 Dunia?

Gambar: Google Images
Gambar: Google Images

Pada zaman yang serba ‘pintar’ (Baca: Smartphone, Red) ini, kita dituntut untuk menjadi cerdik. Pertanyaannya, memang ada 1 aplikasi untuk 1 dunia? Ya, itu ada. Tapi, tunggu dulu, kenapa kita harus cerdik? Karena kalau kita tidak cerdik maka kita akan menjadi manusia ‘bodoh’ di dalam ‘kepintaran’ dunia. Begitu banyak aplikasi untuk smartphone yang beredar di pasar saat ini, kalau kita tidak mempunyai fokus atau kita tidak tahu harus menentukan pilihan yang tepat, maka dipastikan kita bisa tersesat di dalam dunia aplikasi.

Ada dua hal yang diinginkan manusia, hiburan dan informasi. Kedua hal tersebut bisa kita dapati dalam satu wadah yang bernama “Siaran Radio.” Melalui siaran radio kita bisa mendapatkan hiburan sekaligus informasi.

Dua puluh tahun yang lalu kita hanya bisa mendengarkan siaran radio melalui gelombang FM (Frequency Modulation), AM (Amplitude Modulation), dan SW (Shortwave). Dari ketiga gelombang tersebut, FM lah yang kualitas suaranya paling bersih.

Dahulu warga Sulawesi Utara hanya mengenal beberapa stasiun radio saja, diantaranya Radio Karya Dharma (KDFM), Radio Sumber Kasih (RSK) waktu itu masih menggunakan gelombang radio AM, Radio Montini, Radio Memora FM, Radio Sion Tomohon, Radio Gita Lestari Bitung dan tentunya radio milik masyarakat Indonesia, RRI Regional Manado.

Untuk mendengarkan siaran-siaran dari luar negeri baik yang berbahasa Indonesia maupun berbahasa asing, seperti siaran dari radio Australia (ABC), atau siaran BBC Indonesia, orang-orang pada waktu itu menggunakan perangkat radio yang bisa menerima gelombang SW, yang kualitas suaranya tidak bagus.

Saat ini semua kendala teknis (Suara tidak jernih, Red) dan batasan jarak antar bernua yang menjadi penghalang telah runtuh. Internet mengubah segalanya, dan smartphone melengkapinya. Dengan smartphone kita bisa ‘menggenggam’ dunia dalam satu alat (smartphone, Red), dan satu aplikasi.

TuneIn_logoTuneIn,” itu nama aplikasinya. Aplikasi yang bisa dipasang di  iOS, Android, BlackBerry, dan Windows Phone ini membuat kita bisa mendapatkan hiburan dan informasi dari berbagai penjuru dunia hanya dengan satu aplikasi.

Saat ini ada lebih dari 70.000 stasiun radio dari berbagai penjuru dunia, termasuk Smart FM Manado, Pro 1 dan 2 RRI Manado, Delta FM Manado, Citrafm Manado, Radio Manado, dan Trendy FM Manado, yang sudah terintegrasi dengan tunein. Dengan aplikasi TuneIn tersebut, kita bisa tertawa terbahak-bahak mendengarkan acara “Salah Sambung” dari GenFM Jakarta  yang dibawakan oleh Kemal dan TJ, salah satu acara radio favorit orang Jakarta saat ini.

TuneIn Radio tersedia sebagai aplikasi gratis untuk semua smartphone dan tablet. Ada versi berbayar, “TuneIn Radio Pro” seharga USD $ 0.99, yang memungkinkan kita untuk merekam apa saja yang kita sukai melalui layanan TuneIn. Namun rekaman yang dibuat oleh TuneIn Radio Pro hanya bisa disimpan pada perangkat dan tidak dapat ditransfer ke media lain. 1 aplikasi untuk 1 dunia, mantap ka nyanda? Selamat mencoba.

 

banner-natal-pemprov1024

Tentang Garadus Franklin

Menjadi Narablog atau Blogger sejak 2004 memberikan ruang untuk saya berkarya melalui tulisan di media internet. Saya Tidak jago menulis, tapi saya terus belajar untuk menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi.

Lihat juga

Cara Mengajarkan Anak Sikat Gigi

Cara Mudah Mengajarkan Anak Sikat Gigi

Tidak sulit mengajarkan anak sikat gigi. Asal orangtua rutin memberi contoh maka anak akan mengikuti. …

2 Tanggapan

  1. irwan pangeran

    selamat siang

  2. mas, ini radio online ya, mau cari yg bukan online, hanya modal headset aja sebagai antena

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Silahkan jawab pertanyaan sebelum mengirimkan komentar: